Ditpolairud Polda Jateng: Jaga Kapal Secara Bergiliran Untuk Cegah Kebakaran

banner 468x60

Portalika.com [SEMARANG] – Peristiwa kebakaran kapal terjadi di wilayah perairan Jawa Tengah, yang terakhir peristiwa kebakaran kapal nelayan yang terjadi di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tegalsari, Kota Tegal pada Senin (14/8/2023) lalu.

Agar peristiwa tersebut tidak terulang dan menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda, Dirpolairud Polda Jateng menghimbau kepada pemilik, operator, pengurus maupun nahkoda kapal untuk melakukan penjagaan oleh dua anak buah kapal (ABK) selama 1 x 24 jam secara bergiliran.

banner 300x250

“Dimasing-masing kapal wajib menyediakan APAR dan selalu dicek secara berkala dan tetap mentaati SOP saat beraktivitas di atas kapal terutama saat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kelistrikan atau api,” kata Direktur Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi Jumat (18/8/2023).

Baca juga: Jwalita Reborn Pilihan Nongkrong Baru Di Pusat Kota Trenggalek

Pihaknya juga menekankan agar tidak melakukan perbaikan kapal apalagi pekerjaan panas seperti mengelas, maupun maintenance mesin kapal diatas kapal yang bersandar atau berlabuh dan apabila melakukan pekerjaan tersebut agar dilakukan di lokasi tersendiri terpisah dengan kapal lainnya.

Sejumlah kapal berlabuh di pelabuhan Kota Tegal. (Portalika.com/Ist)

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng, Kombespol Satake Bayu Setianto meminta para pemilik kapal, galangan kapal maupun pemilik terminal khusus agar memperhatikan faktor keselamatan baik keselamatan para pekerja, keselamatan crew kapal maupun keselamatan masyarakat sekitar dermaga atau tersus, agar peristiwa laka kerja atau musibah kebakaran tidak terulang kembali di wilayah periran Jawa Tengah.

“Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan yang paling utama dalam kegiatan maupun aktifitas ABK baik saat berlayar maupun saat kapal sedang bersandar,” ujar Kabid Humas. (Suryono)

Komentar