301 Huntap Pasca Erupsi Gunung Ruang Akan Dibangun Dengan Panel RISHA dan RUSPIN

banner 468x60

Portalika.com [JAKARTA] – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melakukan pengiriman serta mobilisasi stok panel Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dan Rumah Sistem Panel Instan (RUSPIN) dari sejumlah daerah ke Provinsi Sulawesi Utara.

Panel RISHA tersebut nantinya akan digunakan untuk membangun sebanyak 301 unit hunian tetap (Huntap) dengan teknologi RISHA dan RUSPIN untuk hunian masyarakat pasca bencana erupsi Gunung Ruang.

banner 300x250

“Pembangunan hunian masyarakat terdampak bencana alam sangat penting dan harus dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk itu, kami berencana mengirimkan stok panel RISHA dan RUSPIN untuk pembangunan Huntap pasca bencana erupsi Gunung Ruang di Sulut,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Selasa, 28 Mei 2024.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan 3.724 Unit Huntap Korban Gempa Bumi Di Sulteng

Menurut Iwan, sesuai dengan arahan Menteri PUPR, dalam penanganan pasca bencana ini Kementerian PUPR akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk penetapan lokasi pembangunan Huntap tersebut.

Pihaknya juga telah menempatkan sejumlah stok panel RISHA dan RUSPIN di sejumlah wilayah guna mempercepat proses pembangunan hunian apabila ada bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Selain itu, dirinya juga meminta agar Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sulawesi I untuk segera berkoordinasi dengan balai-balai perumahan yang memiliki stok panel RISHA dan RUSPIN seperti yang ada di Kota Manado dan Kabupaten Bandung untuk segera melaksanakan proses pengiriman panel tersebut.

Portalika.com/Ristyan

“Kami mohon dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat agar proses pembangunan Huntap ini bisa berjalan dengan lancer di lapangan. Ada beberapa contoh pembangunan Huntap yang juga telah kami laksanakan dengan teknologi RISHA seperti penanganan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur dan pasca erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Yusniewati menerangkan, proses pengiriman dan mobilisasi stok struktur panel pracetak RISHA dan RUSPIN nantinya berasal dari dua wilayah yakni Kota Manado dan Kabupaten Bandung.

Proses pengiriman dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Direktur Rumah Khusus perihal Penyampaian Buku Petunjuk Teknis Penatausahaan dan Pengelolaan Persediaan Modul RISHA, Modul RUSPIN dan Barang Persediaan Komponen Pembangunan Rumah Khusus.

“Kami akan berupaya mempercepat proses pengiriman stok panel RISHA dan RUSPIN dari wilayah kerja ke lokasi Pembangunan Huntap Pasca Bencana Erupsi Gunung Ruang di Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Setelah panel tiba di lokasi akan langsung segera dirakit untuk pembangunan Huntap sehingga masyarakat terdampak bencana tidak terlalu lama tinggal di pengungsian,” tandasnya. (Triantotus)

Komentar