Dari Silaturahmi Dan Halal Bihalal UNS, Mari Menebar Kedamaian Kepada Siapapun Tidak Pandang Bulu

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar silaturahmi dan Halal bihalal (HBH) Hari Raya Idulfitri 1445 H, Selasa, 16 April 2024 di Auditorium GPH Haryo Mataram. Acara ini mengambil tema Akselerasi UNS World Class University melalui Semangat Silaturahmi.

Acara silaturahmi dan HBH ini juga mengundang KH Ahmad Said Asrori dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sebagai khatib, dan dihadiri Plt Rektor UNS Surakarta, Dr Chatarina Muliana, SH, SE, MH serta seluruh keluarga besar sivitas akademika UNS.

banner 300x250

Chatarina mengatakan silaturahmi merupakan ajang untuk mempererat tali persaudaraan keluarga besar UNS.

Baca juga: Keluarga Besar UNS Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1444 H

“Silaturahmi bukan sekadar tradisi, melainkan ungkapan kebersamaan dan solidaritas dalam mempererat tali persaudaraan sebagai keluarga besar UNS,” terangnya.

Dia menyebut bahwa Hari Raya Idul fitri ini merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan antar sesama dan pribadi masing-masing untuk menjadi lebih baik.

“Hari Raya Idul fitri adalah untuk merayakan kemenangan spiritual, dan juga sebagai momentum memperbaiki hubungan antar sesama serta menjadi ikhtiar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi, terutama dalam melaksanakan tugas kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi,” imbuhnya.

Plt Rektor UNS Surakarta, Dr Chatarina Muliana, menyampaikan ajakan di ajang silaturahmi dan halal bihalal civitas akademika UNS. (Portalika.com/Yuni)

Berkaitan dengan tema, Chatarina juga mengajak keluarga besar UNS untuk terus bergerak dan melakukan transformasi pendidikan.

“Mari kita tingkatkan kinerja dengan penuh semangat, melakukan transformasi yang melibatkan seluruh aspek kehidupan kampus dan mewujudkan pendidikan tinggi berkualitas, penelitian inovatif dan bermanfaat, serta pelayanan yang berdampak,” lanjutnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian hikmah halal bihalal oleh KH. Ahmad Said Asrori. Ia mengatakan halal bihalal merupakan budaya yang hanya ada di Indonesia dan menjadikannya momentum dimana semua masyarakat mendapatkan keberkahan di bulan ramadan.

“Di momentum halal bihalal semua orang jadi dermawan dan mendapat keberkahan, juga menjadi media untuk mendekatkan yang jauh,” terang KH Asrori.

Asrori juga menyampaikan tiga hal yang menjadi tanda seseorang telah menuju keimanan yang sempurna, yakni orang yang insyaf, menebarkan kedamaian, serta orang yang mau berinfaq. Sebagai penutup, Asrori mengingatkan agar kita bisa menebarkan rasa damai kepada siapapun.

“Janganlah kita membuat kerusakan di muka bumi. Marilah kita menebarkan rasa damai dan keselamatan kepada siapapun tidak pandang bulu. Semua adalah makhluk Allah SWT. Urusan kita sebagai umat Islam adalah berbuat baik kepada siapapun,” tandasnya. (Triantotus)

Komentar