Idul Adha, 2.030 Paket Daging Kurban Polda Jateng Dibagikan Ke Masyarakat

banner 468x60

Portalika.com [KOTA SEMARANG] – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H tahun 2024, Polda Jateng dan jajaran serentak menggelar rangkaian kegiatan ibadah SAlat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Total 176 ekor sapi dan 215 ekor kambing terkumpul sebagai hewan kurban di seluruh polres jajaran Polda Jateng.

Bertemakan idul Adha Meneguhkan Nilai Kepatuhan dan Semangat Pengabdian Polri Guna Mewujudkan Kamtibmas Menuju Indonesia Maju, rangkaian kegiatan Idul Adha tingkat Polda Jateng diawali dengan Salat Ied yang dilaksanakan pada Senin, 17 Juni 2024 pukul 06.30 WIB di Lapangan Mako Satbrimob Polda Jateng diikuti oleh seribuan jemaah yang terdiri dari PJU Polda Jateng, personel Mapolda dan Satbrimob serta warga sekitar.

banner 300x250

Bertindak selaku imam dan khotib dalam kegiatan Sholat Idul Adha adalah KH Prof Dr Nur Khoirin YD, MAg. Dalam ceramahnya, Guru Besar Agama Islam dari UIN Walisongo Kota Semarang tersebut memberikan materi tentang menemukan iman yang sejati, mempertahankan iman saat diuji dan pengorbanan demi mengokohkan iman.

Baca juga: Jelang Idul Adha Jasa Asah Pisau Banjir Pesanan

“Iman tidak datang secara tiba-tiba, namun melalui proses yang panjang dan bersungguh-sungguh serta penuh pengorbanan,” ungkapnya.

Diungkapkan bahwa penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan ini hanyalah simbolis, namun makna sejatinya adalah bentuk kesediaan kita untuk siap berkorban dalam bentuk apapun, termasuk yang kita cintai sekalipun sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS.

“Betapapun besarnya cinta kita terhadap anak, harta, pangkat dan jabatan yang disandang, tidak boleh mengalahkan cinta kita terhadap Allah SWT,” ujarnya.

Di akhir ceramah dirinya mengajak seluruh jamaah untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT agar segala nikmat yang diterima menjadi berkah. Serta selalu meningkatkan kualitas iman dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Portalika.com/Anom

Usai ceramah kegiatan dilanjutkan dengan proses penyembelihan hewan kurban yang diawali dengan Laporan dari Karo SDM Polda Jateng, Kombes Pol Yohanes Ragil selaku Ketua Panitia Kurban Tingkat Polda Jateng.

Dalam laporannya disebutkan peringatan Idul Adha tahun ini dilaksanakan serentak di 35 polres jajaran. Di tingkat Satker Mapolda sendiri terkumpul hewan kurban  berupa 15 ekor sapi dan 17 ekor kambing yang akan disembelih di Mako Satbrimob.

“Untuk jajaran Polda Jateng secara keseluruhan melakukan penyembelihan terhadap 176 ekor sapi dan kerbau dan 215 ekor kambing yang proses penyembelihan dan distribusinya tersebar di seluruh polres jajaran Polda Jateng,” ungkapnya.

Penyembelihan dilakukan di samping Mako Satbrimob Polda Jateng oleh tim ahli dari Salatiga beranggotakan 20 orang dibantu 50 personel Satbrimob Polda Jateng yang melakukan pemotongan dan pengemasan daging hewan kurban.

Portalika.com/Anom

Selanjutnya pada pukul 13.00 WIB – 16.00 WIB akan dilakukan distribusi paket daging hewan kurban kepada warga masyarakat di sekitar mako, PHL di lingkungan Satker Mapolda, sejumlah pondok pesantren dan panti asuhan serta lembaga sosial lainnya.

“Untuk Satker Mapolda Jateng, total distribusi paket daging kurban sebanyak 2.030 paket yang diserahkan kepada PHL, warga masyarakat sekitar. 200 paket di antaranya diserahkan kepada 10 yayasan panti asuhan,” jelasnya.

Usai laporan, Irwasda Kombes Pol Rudy Mulyantoko membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dalam amanat disebutkan penyembelihan hewan kurban mengingatkan kita pada kisah Nabi Ibrahim AS pada saat diperintah oleh Allah SWT.

“Sebagai bentuk ketaatan terhadap Allah SWT, perintah itu dilaksanakan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan,” tuturnya.

Hal ini memiliki makna bahwa setiap ujian dan cobaan dari Allah SWT untuk menguji sejauh mana iman dan taqwa kita terhadap perintah Allah SWT.

Dirinya turut mengucap terimakasih kepada ahli kurban yang dengan ikhlas telah menyumbangkan sebagian hartanya dalam bentuk sapi maupun kambing untuk berkurban.

“Semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat diterima sebagai amal sholeh dan diridhoi oleh Allah SWT, Aamiin,” tandasnya. (Triantotus)

Komentar