Kejarlah Janji, Film Edukasi Pemilih Pemula

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Dalam rangka memberikan edukasi kepada pemilih pemula dalam hal ini mahasiswa, Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 dengan cara nonton bareng.

Nonton bareng Film Pemilu yang berjudul “Kejarlah Janji” digelar di Ballroom Gedung UNS Tower, Senin, 29 Januari 2024.

banner 300x250

Plt Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ir Ahmad Yunus, MS, mengapresiasi kegiatan ini. “Dengan adanya sosialisasi Pemilu tahun 2024 ini, saya berharap anak-anak muda dalam hal ini mahasiswa bisa menggunakan hak pilihnya. Dan saya sangat mengapresiasi pihak KPU RI karena dalam melakukan sosialisasi kepada anak muda sangat kreatif yaitu dengan cara nonton bareng Film Pemilu berjudul Kejarlah Janji. Tentu ini akan sangat mengena di kalangan anak muda,” ujar Prof Yunus.

Baca juga: Mahasiswa UNS Diminta Berperan Di Pemilu 2024

Yunus mengucapkan terima kasih kepada KPU RI, KPU Jawa Tengah karena telah menggandeng UNS dalam melakukan sosialisasi Pemilu 2024. “Terima kasih juga kepada Pusdemtanas yang diketuai oleh Prof Sunny Ummul Firdaus. Pusdemtanas ini merupakan salah satu Pusat Studi di bawah LPPM UNS yang aktif dalam melakukan berbagai kegiatan. Dan saya ikut bangga karena animo mahasiswa UNS untuk nonton bareng Film Pemilu sangat tinggi, 700 an mahasiswa hadir dalam acara ini,” imbuh Prof Yunus.

Portalika.com/Yuni

Sementara itu, Kadiv Sosdiklihparmas KPU Jawa Tengah, Akmaliyah, SPdI, MPd, mengatakan sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017, KPU memiliki tugas untuk melakukan sosialisasi terhadap pelaksanaan Pemilu.

“Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang. Sehingga tinggal menghitung hari lagi. Tugas kami yaitu memberikan informasi dan sosialisasi. Banyak metode yang bisa digunakan untuk melakukan sosialisasi salah satunya dengan nonton film ini,” terang Akmaliyah.

Menurut Akmaliyah, untuk melakukan sosialisasi Pemilu di kalangan anak-anak muda khususnya generasi Z, perlu menggunakan cara yang unit salah satunya dengan nonton Bareng.

“Kita mencari cara bagaimana sosialisasi itu lain dari biasanya. Semoga film yang diproduksi oleh KPU RI ini bisa efektif. Karena 52 persen pemilih di Indonesia berasal dari milenial atau generasi Z,” imbuhnya.

Akmaliyah menambahkan, Film Pemilu Kejarlah Janji ini memberikan pesan kepada anak-anak muda untuk tidak Golput, menolak politik uang, politik SARA dan politik identitas. “Banyak pesan edukasi yang dapat disampaikan melalui Film Pemilu Kejarlah Janji ini. Semoga pesan-pesan yang disampaikan dalam Film Pemilu Kejarlah Janji ini bisa tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa UNS. Dan kami merasa senang karena antusias mahasiswa UNS untuk mengikuti kegiatan ini luar biasa,” katanya. (Triantotus)

Komentar