Keren. Mahasiswa KKN Buka Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Dalangan

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Mahasiswa Kuliah kerja Nyata (KKN) Univeritas Slamet Riyadi (Unisri) kelompok 73 Desa Dalangan mengadakan program bimbingan belajar gratis untuk anak- anak tingkat SD.

Kegiatan itu merujuk kepada salah satu isi Tri Dharma Perguruan Tinggi diperkuat dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional, yang berbunyi perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

banner 336x280

Program itu diprakarsai Lukman Jatmiko, mahasiswa program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dia memberikan bimbingan belajar kepada anak-anak tingkat SD Dukuh Gendungan, Desa Dalangan tanpa dipungut beaya di posko KKN dengan dibantu anggota KKN yang lainnya.

Baca juga: Cegah Stunting Di Desa Trosobo, Mahasiswa KKN Unisri Buat Program Kebun Gizi

Bimbel dilaksanakan rutin setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu pada sore hari dimulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Jatmiko menjelaskan, sistem pelaksanaan bimbel yaitu anak-anak membawa materi yang diajarkan di sekolahan ke tempat bimbel dan dipelajari bersama pembimbing dari KKN yang bertugas dalam kegiatan bimbel ini.

Portalika.com/Ist

“Dengan menggunakan sistem ini pembelajaran lebih efektif karena sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan mereka bisa lebih leluasa bertanya dan belajar materi yang diinginkan,” ujarnya.

Harapannya, agar anak-anak tetap semangat belajar di luar jam sekolah. Kegiatan ini juga diadakan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang ada di sekolah, serta sulitnya memahami kesulitan yang dihadapi siswa di sekolah. (Heris)

Komentar