Kolam Renang Pesantren Assalaam Jadi Venue Kontes Robot Indonesia 2024

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud RI di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi ajang bergengsi untuk para mahasiswa Indonesia dibidang rekayasa Robotika.

Terdapat 7 divisi dalam KRI 2024, salah satunya adalah Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI) 2024. KRBAI 2024  merupakan tahun kedua, dimana tahun sebelumnya dilaksanakan di Semarang.

banner 300x250

Pelaksanaan KRBAI 2024 dilakukan di Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam. Pemilihan PPMI Assalaam sebagai venue KRBAI 2024 dikarenakan kolam renang yang dimiliki PPMI Assalaam mampu mewadahi mulai dari proses latihan hingga perlombaan.

Baca juga: 57 PTN Dan PTS Adu Tangkas Di Kontes Robot Indonesia

Kolam renang Assalaam terdapat 3 kolam dengan spesifikasi 1 kolam renang pemanasan ukuran 18 m x 6 m dengan kedalaman 1 meter, kolam renang anak-anak (14 m x 6 m) dengan kedalama 0.8 m. Sementara itu, Kolam renang utama dengan standart semi olympic yang terdiri dari 5 lintasan dengan panjang 50m dan lebar 12.5 m, untuk kedalaman bervariasi mulai 1.3, disisi utara sampai 2 m disisi selatan.

Portalika.com/Naharudin

Selain itu, setting kolam renang Assalaam yang indoor lebih mumudahkan peserta lomba mengingat mengurangi hambatan lingkungan seperti hujan dan sinar matahari. Disisi lain, kolam renang Assalaam juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya seperti 21 bilik ruang bilas, 9 toilet, tribun di sisi timur kolam semi olympic serta ruang rapat, ruang staf yang memudahkan panitia dan peserta dalam ajang KRI 2024 ini.

“Saya sangat senang Assalaam bisa turut berpartisipasi dalam event ini, dari sinilah embrio kemajuan bangsa,” harap Hj Siti Aminah Abdullah, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pengajian Islam (YMPI) Surakarta, Yayasan yang menaungi PPMI Assalaam.

PPMI Assalaam menyambut baik kerjasama dengan UMS dan menjadikan event KRI sebagai motivasi agar santri-santri Assalaam juga terinspirasi dan mengikuti jejak dalam bidang rekayasa robotika.

Dalam KRBAI 2024 ini diikuti 18 tim dari berbagai universitas di Indonesia seperti ITS, IPB, UNESA, Universitas Jember, UMM, UNY, UI, Unhas,UGM, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan lain-lain. Proses perlombaan dilakukan pada Kamis dan Jumar, 4 dan 5 Juli. (Naharudin)

Komentar