Panen, Rabu Besuk Rektor UNS Kukuhkan 6 Guru Besar

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Setelah 16 Guru Besar baru dikukuhkan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum, Rabu (27/9/2023) besok UNS kembali menambahkan enam guru besar baru sehingga pada bulan September 2023 ini, UNS total menambah 22 guru besar baru.

Dalam Konferensi Pers di hadapan media, Selasa (26/9/2023) di Ruang Sidang 4 Gedung dr Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof Ir Ari Handono Ramelan, MSc(Hons), PhD, mengatakan keenam guru besar baru yang akan dikukuhkan ini berasal dari tiga fakultas yaitu empat guru besar dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), satu guru besar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu guru besar dari Fakultas Teknik (FT).

banner 300x250

Guru besar yang akan dikukuhkan pertama Prof Dr Ahmad Ainurofiq, SSi, MSi, Apt yang akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Teknologi Farmasi pada FMIPA. Ahmad merupakan guru besar ke-289 UNS dan ke-27 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul Rekayasa Bahan Baku Dalam Memenuhi Kebutuhan Obat yang Berkualitas.

Baca juga: Rektor UNS: Jadilah Guru Besar Yang Memiliki Professorship

Kedua Prof Dr rer nat Atmanto Heru Wibowo, SSi, MSi akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kimia Material Fungsional Maju pada FMIPA dan merupakan guru besar ke-290 UNS dan ke-28 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul Peran Material Katalis untuk Mendukung Pemanfaatan Energi Hidrogen di Masa Mendatang.

Ketiga Prof Dr Khoirina Dwi Nugrahaningtyas, SSi, MSi akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kimia Katalis pada FMIPA merupakan guru besar ke-291 UNS dan ke-29 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul Katalis: Solusi Inovatif Konversi Limbah Menjadi Sumber Energi.

Keempat Prof Dr Sri Marmoah, SPd, MPd akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan pada FKIP merupakan guru besar ke-292 UNS dan ke-77 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul Kepemimpinan Kepala Sekolah PSP dalam Meningkatkan Literasi Digital Guru.

Kelima Prof Ubaidillah, ST, MSc, PhD akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Rekayasa Aktuator dan Material Cerdas pada Fakultas Teknik (FT) merupakan guru besar ke-293 UNS dan ke-27 FT dengan pidato inaugurasi berjudul Elastomer Magnetoreologi Bermatriks Karet Ban Bekas.

Keenam Prof Dr Yofentina Iriani, SSi, MSi akan dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Fisika Material Feroelektrik pada FMIPA merupakan guru besar ke-294 UNS dan ke-30 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul Penyampaian Energi Berbasis Material Feroelektrik.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof Ir Ari berharap semoga dengan penambahan enam guru besar baru tersebut dapat memotivasi tenaga pendidik lainnya yang belum guru besar untuk menjadi guru besar.  “Selamat atas dikukuhkannya sebagai guru besar. Semoga semakin menguatkan posisi UNS baik di kancah nasional maupun internasional,” ujar Prof Ari. (Triantohs)

Komentar