Rakor Linsek, Polres Wonogiri Siapkan Ini. Pemudik Silahkan Cermati Biar Nyaman Dan Aman

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Beberapa ruas jalan jalur mudik Lebaran 1445 H tahun 2023 di Wonogiri bergelombang namun kondisi baik. Demi kenyamanan dan keamanan pemudik, Polres Wonogiri akan mendirikan tujuh pos keamanan (Pospam) dan pos terpadu.

Sebanyak 325 orang terdiri atas 264 personel Polres dan 61 personel Polsek akan mengamankan masa Lebaran tahun ini. Pernyataan itu disampaikan Kapolres Wonogiri, AKBP Andi M. Indra Waspada Amirullah, SH, SIK, MM, MSi dihadapan peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral (Linsek) Kesiapan Pelayanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, Selasa, 11 April 2023 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kompleks Kantor Pemkab Wonogiri, Selasa, 11 April 2023.

banner 336x280

Baca juga: Buka Puasa Bersama PWI dan IKWI, Ini Pesan Tauziah Hj. Noly

Kapolres menyampaikan jalur utama selatan kondisi jalan cukup baik tetapi terdapat jalan bergelombang di wilayah Wuryantoro, Eromoko dan Pracimantoro menuju Jalur Lintas Selatan (JLS). Kondisi serupa juga terjadi di jalur utama tengah. “Kondisi jalan cukup baik namun terdapat jalan bergelombang di wilayah Gunung Pegat dan Simpang Tiga Karangturi, Nguntoronadi menuju Kecamatan Baturettno.”

Sementara jalur utama timur, ujar Kapolres kondisi jalan juga cukup baik dan terdapat jalan bergelombang di wilayah wilayah Timut pasar Jatisrono menuju Kecamatan Slogohimo. “Terdapat tiga jalur alternatif dengan kondisi jalan baik tetapi median jalan tidak terlalu lebar,” jelasnya.

BACA JUGA : Begini Respon Positif Warga Kabupaten Sigi Penerima Program BSPS Di Sigi

Lebih lanjut Kapolres mengatakan tujuh lokasi penempatan yakni Pos Terpadu Terminal Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Pospam Pasar Kota Wonogiri. Kemudian Pospam Obyek Wisata Gajah Mungkur Wonogiri, Pospam Simpang 4 Ngadirojo, Pospam Pasar Purwantoro, Pospam Simpang 4 Pasar Baturetno dan Pospam 4 Pracimantoro.

“Prediksi mudik Lebaran untuk pergerakan masyarakat pada Lebaran 2023 sebesar 45,8% atau 123,8 juta orang meningkat 14,2% atau 38,3 juta orang dibandingkan Lebaran 2022 sebesar 31,6% atau 85,5 juta orang. Sedangkan situasi Kamtibmas, kejadian konvensional bulan Januari 2023 sampai saat ini dari Curat sampai dengan pencurian dengan kekerasan 26 kejadian dan kejadian transaksional Narkoba berjumlah 12 kejadian,” katanya.

Portalika.com/dok humas Reswi

Dandim 0728/Wonogiri, Letkol Inf Deni Oktavianto, SIP, mengatakan sejumlah 300 personel TNI disiapkan mendukung tugas-tugas Polri. “Nanti personel TNI disebar ke Pospam yang ada. Jadi dengan adanya rakor Linsek ini masing-masing pihak mengerti apa yang harus dilakukan.”

Dandim memprediksi perantau akan lebih banyak yang mudik ke Wonogiri. “Kami selaku aparat pemerintah akan sama-sama melaksanakan kegiatan upaya untuk mensukseskan mudik 2023 dengan baik. Kita hadir di tengah-tengah masyarakat untuk situasi yang kondusif. Jangan sampai masyarakat yang melaksanakan Salat Ied sampai terganggu ,karena adanya gangguan kamtibmas,” katanya. (Suryono)

Komentar