Rasio Personel 1 Berbanding 1.116 Warga, Program Cooling System Dan Polda Jateng Hadir Jadi Andalan

banner 468x60

Portalika.com [SEMARANG] – Program Polda Jateng Hadir dan Cooling System menjadi strategi andalan dalam menjaga Sitkamtibmas menjelang Pemilu 2024. Pernyataan itu diungkapkan Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam paparan dihadapan komunitas delegasi penegak hukum internasional atau Delegasi Indonesian Foreign Law Enforcement Community (IFLEC) di Aula Lantai 6 Mapolda Jateng, Selasa (12/9/2023).

Delegasi IFLEC yang didampingi Kadivhubinter Mabes Polri, Irjen Pol Khrisna Murti beranggotakan perwakilan penegak hukum dari berbagai negara di antaranya Kanada, Amerika Serikat, Australia, Jepang, Taiwan, Inggris, Jerman, Filipina, Prancis, Selandia Baru, dan Singapura.

banner 336x280

Khrisna Murti menuturkan, dalam kegiatan tersebut delegasi IFLEC melaksanakan studi banding di Mapolda Jateng.

Baca juga: Tegas, Kapolda Jateng Copot Kapolres Dan Babat Perjudian Yang Tumbuh Lagi. Warga Diminta Melapor

“Maksud dan tujuan kami yaitu bagian dari kegiatan rutin untuk melaksanakan pertemuan, khususnya hari ini di Polda Jateng kunjungan ini digunakan sebagai studi banding kepolisian di negaranya,” tutur Kadivhubinter.

Portalika.com/Ist

Atas kunjungan tersebut, Kapolda Jateng mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan dengan menjadikan Polda Jateng sebagai tujuan dari studi banding.

“Jumlah personel Polda Jateng sebanyak 33.165 personel dan memiliki 35 polres, polresta, poltabes serta 572 polsek dan subsektor. Total penduduk di Jateng adalah 37 juta orang. Dibanding dengan jumlah personel Polda Jateng 33.165 orang maka rasio polisi sebesar 1:1.116,” jelas Kapolda dihadapan para delegasi.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Polda Jateng mempunyai program unggulan yaitu Polda Jateng Hadir sebagai representasi hadirnya negara ditengah masyarakat.

“Polda Jateng hadir secara personal dan berkelompok guna memberikan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman kepada masyarakat,” terangnya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Achmad Luthfi. (Portalika.com/Ist)

Kapolda menyebut strategi tersebut cukup berhasil dalam upaya menjaga situasi harkamtibmas di Jawa Tengah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diperoleh Polda Jateng dan jajaran.

Di antaranya Penghargaan Kementrian PPPA, Penghargaan Lemkapi, Penghargaan Kompolnas Award, Penghargaan Kadivhumas, dan Juara 3 Tingkat Mabes Polri pengungkapan TPPO, serta berbagai keberhasilan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika jaringan Internasional dan kejahatan menonjol.

Strategi Cooling System yang dilakukan Polda Jateng juga menjadi salah satu andalan dalam menghadapi pemilu 2024. Strategi Cooling System, lanjut Kapolda, dilakukan dengan menerapkan manajemen sosial, manajemen media, dan manajemen kemitraan.

“Cooling System dilakukan Polda Jateng guna mencegah terjadinya polarisasi di masyarakat, sehingga tercipta situasi harkamtibmas yang kondusif sehingga diharapkan Pemilu 2024 dapat terselenggara dalam keadaan aman dan damai,” tegasnya.

Tidak hanya harkamtibmas di Jawa Tengah  dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga menuturkan peran serta Polda Jateng dalam upaya menjaga perdamaian dunia.

“Keikutsertaan Polda Jateng dalam Peacekeeper, sejak tahun 2016 sampai 2022 total 92 personel Polda Jateng tergabung dalam pasukan Peacekeeper Polri dengan rincian 73 personel FPU dan 19 personel IPO,” tandasnya. (Suryono)

Komentar