18 Pesilat Jateng Lolos Kualifikasi PON XXI Aceh, Sumut 2024

banner 468x60

Portalika.com [Solo] – Setidaknya 18 pesilat Jateng dari berbagai kelas lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) yang rencananya digelar 2024. Mereka lolos setelah pada babak kualifikasi Kejuaraan Nasional Pencak Silat 2023 bertarung sengit menyingkir para pesilat yang datang dari berbagai penjuru Tanah Air di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) 10 – 14 September 2023.

Berdasar hasil kejuaraan yang dikirim panitia ke media Kamis (14/9/2023) menyebutkan, dari 18 orang itu lima di antaranya merebut medali emas, setelah menjadi yang terbaik di kelas masing-masing.

banner 300x250

Mereka adalah Brata Yuda yang turun di kelas C putra, Ginting Baharudin Putra (kelas D putra), Nadia Haq Umami Nur Cahyani (kelas A putri), Ni Gusti Ayu Rosia Pratiwi (kelas C putri) dan Zidni Rahma Amaly (kelas E putri).

Baca juga: Ratusan Pesilat Tanah Air Siap Tarung di Kejurnas Pencak Silat Di Solo

Diberitakan sebelumnya, ratusan atau sekitar 681 pesilat dari berbagai penjuru Tanah Air siap bertarung pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat dewasa yang digelar di Edutorium Universitas Muhamadiyah Surakarta (UMS) di Karangasem, Laweyan, Solo, Jateng, pada 10 – 14 September 2023. Kejurnas ini sekaligus merupakan babak kualifikasi PON ke-21 tahun 2024 di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut).

“Event ini untuk menjaring atlet-atlet potensial yang akan turun di PON. Sehingga nanti mereka yang ikut di PON nanti benar-benar atlet-atlet berprestasi,” ujar Ketua Umum IPSI Jateng sekaligus mewakili PB IPSI Pusat, Harry Nuryanto Sudiro didampingi Wakil Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jateng, Dalyatmo Parto Harjono saat konferensi pers di Rumah Makan Dapur Solo, Kompleks Edupark UMS, Rabu (6/9/2023).

Menyinggungg target, pihaknya berharap bisa meloloskan seluruh atletnya yang diturunkan di Kejurnas ini sehingga semua bisa berangkat di PON. Dengan menjadi tuan rumah ini pula diharapkan bisa menjadi pemicu semangat bertarung para atletnya untuk menjadi yang terbaik sehingga di PON bisa meraih minimal mendapat 33 medali emas (Portalika.com, 6/9/2023).

Namun berdasar hasil kejuaraan tercatat dua pesilat gagal lolos masuk PON XXI mendatang. Mereka di antaranya Garda Sastra Syahputra yang turun di kelas G putra serta pasangan pesilat Arif Mubarok dan Ahmad Muzaki yang turun di nomor ganda putra. (Iskandar)

Komentar