Hadiri Pelantikan Gesid di Gedung Nusantara V, Ini Harapan Ketua Umum IKKABA KRT HY Supardi Gunodipuro, SE

banner 468x60

Portalika.com [JAKARTA] – Generasi Emas Indonesia atau yang biasa dengan Gesid menyelesaikan acara pelantikan acara Badan Pengurus Nasional (BPN) Gesid di Gedung Nusantara V DPR MPR RI Senayan, Jakarta, Rabu, 31 Mei 2023.

Pelantikan BPN Gesid tersebut mengusung tema Menjadikan Desa Sebagai Basis Pembangunan Nasional Demi Terwujudnya Pemerataan Pembangunan yang Berkeadilan.

banner 300x250

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Eko Prasetyanto, Staf Khusus Presiden, Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, sejumlah Rektor Universitas, koordinator wilayah Gesid, serta tamu undangan termasuk Ketua Umum Ikatan Keluarga Banasan (IKKABA) KRT HY Supardi Gunodipuro, SE.

Yandri Susanto, Wakil Ketua MPR RI berharap Gesid memberikan kontribusi terbaik buat bangsa dan negara bisa melanjutkan posisi-posisi penting.

“Oleh karena itu saya berharap setelah pelantikan, BPN Gesid menyusun program yang membumi bukan melangit dan kami tentu disini dengan gembira pasti dengan tulus hati siap membantu Gesid untuk muncul di permukaan sebagai solusi,” katanya.

Eko Prasetyanto Dirjen Pemerintahan Desa Kemendagri mengatakan bagaimana peran Gesid di desa-desa.

“Kami berbincang-bincang dengan pengurus BPN Gesid di desa ada namanya Lembaga Pemasyarakatan Desa yakni Karang Taruna yang juga mewadahi pemuda, mari bersinergi bersama-sama bagaimana menjadikan desa sebagai garda terdepan bagi pembangunan bangsa,” ulasnya.

KRT HY Supardi Gunodipuro, SE, Ketua IKKABA mengaku dia mendapatkan undangan dari Sekjen BPN yakni Lesna Purnawan.

“Alhamdulillah, kami diundang oleh Sekjen BPN Gesid Raden Tumenggung Lesna Purnawan, mudah-mudahan Gesid yang diketuai oleh Ibu Viviana dan Sekjen Lesna Purnawan dan Bendahara Chairunnisa dengan adanya pelantikan ini Gesid akan lebih maju ke depan dengan generasi muda yang dilantik bisa melaksanakan tugas dan kewajiban sesuai dengan program-program dalam penyusunan organisasi tersebut,” bebernya.

Ketua IKKABA, KRT HY Supardi Gunodipuro, SE menjadi tamu spesial yang diundang oleh Sekjen Gesid Lesna Purnawan, KRT HY Supardi Gunodipuro, SE dianggap sebagai tokoh masyarakat yang turut aktif dalam pengembangan masyarakat di pedesaan, oleh sebab itu sangat relevan kehadirannya dalam acara pelantikan BPN Gesid tersebut.

BPN Gesid resmi dikukuhkan di Gedung Nusantara V DPR MPR RI dan ditandatangani secara resmi oleh Wakil Ketua MPR RI dan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri.

BPN Gesid juga memberikan cenderamata kepada Wakil Ketua MPR RI dan Dirjen Bina Pemerintahan Desa.

Viviana Hanifa, Ketua Umum BPN Gesid menjelaskan agenda tersebut merupakan tinta emas bagi bangsa Indonesia dimana sebuah organisasi pemuda desa lahir.

“Kita fokus bagaimana membentuk organisasi mulai dari level BPN, level provinsi, level kabupaten/kota dan badan pengurus desa di seluruh desa yang ada di Indonesia dengan total 75.265 desa,” jelasnya.

Sekjen Gesid Lesna Purnawan menuturkan dengan hadirnya Gesid menjadi satu kebanggaan dan juga merupakan sebuah tanggung jawab bahwa Gesid mampu hadir di seluruh pelosok desa.

“Hari ini BPN Gesid sudah dilantik, tinggal kita bergerak ke desa, harapan kedepan Gesid mampu menjadi katalisator pemuda di desa,” ulansnya.

Chairunnisa Bendahara BPN Gesid bersyukur pelantikan berjalan dengan lancar.

“BPN Gesid dan Korwil bisa langsung beraksi, jadi programnya langsung jalan dan kita langsung turun ke desa dan dapat memberikan manfaat yang baik untuk masyarakat luas,” jelasnya.

Diharapkan kedepan BPN Gesid bisa memaksimalkan peran sehingga bisa menjadi trendsetter perubahan di desa-desa yang ada di seluruh Indonesia agar pemerataan pembangunan bisa terselenggara serta dapat berkolaborasi dengan stakeholder termasuk dengan IKKABA. (Yulianto)

Komentar