Lereng Gunung Kambengan Terbakar, Warga 2 Kecamatan Gotong Royong Memadamkan Api

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Kebakaran hutan lahan (karhutla) terjadi di lereng Gunjng Kambengan, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Kamis (22/9/2023). Api membakar semak-semak di dua desa yaitu Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo dan Desa Mojopuro, Kecamatan Jatiroto.

Api berikur kepulan asap terpantau mulai jam 16.00 WIB, namun warga sekitar baru menyadari terjadi kebakaran setelah api mulai membesar di kawasan Gunung Kambengan.

banner 336x280

Pemerintah Desa Mojopuro dan Sempukerep informasi yang didapat saling berkoordinasi dan melaporkan kebakaran tersebut ke kecamatan dan polsek masing-masing.

Sekitar pukul 18.00 WIB Camat Jatiroto, Miran, SSos, MM, Kapolsek Jatiroto, AKP Darmin dan Koramil Jatiroto serta Kepala Desa Mojopuro, Kasmo memimpin upaya pemadaman beserta perangkat desa, RT/RW dan dibantu warga. Mereka bahu membahu dengan alat seadanya memadamkan api yang makin membesar. Mereka memadamkan api dari sisi timur.

Hal sama dilakukan di Desa Sempukerep dimana pemerintah desa, anggota Polsek Sidoharjo dan Koramil Sidoharjo memadamkan api dari sisi sebelah barat.

Portalika.com/Setyo Nurgoho

Kadus Gayam, Desa Mojopuro, Andri Kiyato mengungkapkan, kebakaran di lereng Gunung Kambengan bermula dari wilayah Desa Sempukerep dan merembet ke wilayah Dusun Gayam, Desa Mojopuro.

Kerja keras semua pihak berhasil memadamkan api, Kamis sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah semua terkendali tim berkumpul dan turun gunung bersama- sama. Hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab kebakaran. (Setyo Nugroho)

Komentar