Pedagang Resah, Sampah Pasar Gentongan Menumpuk. Anggota TNI Polri Turun Tangan

banner 468x60

Portalika.com [KLATEN] – Permasalahan sampah di Pasar Gentongan, Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten sempat membuat resah pedagang akhirnya diatasi anggota Polres Klaten dengan pembersihan gunungan sampah dan diskusi penyelesaian akar masalah, Kamis (31/08/2023).

Pembersihan sampah dilakukan personel gabungan TNI-Polri serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Klaten dan dipimpin Kapolres Klaten, AKBP Warsono SH, SIK, MH. Selama 2 hari, tak kurang 6 truk sampah diangkut keluar dari dalam pasar menuju TPA Troketon, Kecamatan Pedan.

banner 336x280

Para petugas berjibaku memindahkan sampah sedikit demi sedikit menggunakan gerobak mengingat lokasi TPS tidak bisa dijangkau langsung oleh kendaraan pengangkut sampah.

Baca juga: Membakar Sampah, Warga Sendang Terkepung Api Dan Meninggal Dunia

Kapolres Klaten usai dari lokasi TPS, kemudian memimpin diskusi Jumat Curhat untuk menyelesaikan permasalahan sampah tersebut. Diskusi dihadiri forkopimcam Kalikotes, Dinas Lingkungan Hidup, Kades dan Ketua RW serta perwakilan pedagang pasar.

Kapolres Klaten, AKBP Warsono. (Portalika.com/Ist)

“Kami hadir tentunya dengan maksud untuk sama-sama mencari solusi [masalah sampah]. Hari ini sudah kita upayakan pengangkutan, kemudian langkah selanjutnya apa. Kita cari solusi jangka pendek dan juga panjangnya, agar tidak berlarut-larut,” terang Kapolres.

Dijelaskan oleh Kepala Desa Gemblegan, Waluyo, bahwa salah satu penyebab menumpuknya sampah di TPS Pasar Gemblegan antara lain karena warga sekitar pasar ikut membuang sampah di lokasi tersebut. Hal itu menyebabkan volume sampah yang masuk tidak sebanding dengan upaya pengangkutan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup.

“Tempat yang yang di pasar itu untuk pedagang, bukan warga. Kami minta pak RW mengkondisikan agar warganya membuat TPS sendiri, nanti desa yang akan membeayai. Yang penting lokasinya disiapkan dulu,” ujarnya.

Selain membuat TPS bagi warga, pihak desa juga berencana merelokasi TPS yang ada di dalam pasar dipindah ke lokasi pinggir jalan agar petugas sampah lebih mudah mengangkut. Relokasi akan dianggarkan pada APBDes 2024.

Sementara itu Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Klaten, Sriyanto mengapresiasi langkah Polres Klaten dalam mencari titik temu mengenai sampah di Pasar Gemblegan ini. Dia juga menyatakan mendukung upaya-upaya yang akan dilakukan pihak desa.

“Fasilitator kami siap memberikan sosialisasi edukasi dalam pengolahan sampah, untuk mengurangi volume sampah. Sehingga yang masuk TPS adalah yang benar-benar tidak bermanfaat sama sekali. Yang organik maupun yang masih ada nilai jual agar dimanfaatkan.” (Suryono)

Komentar