Pemkab Trenggalek Rayakan Hari Jadi Ke-829, Bupati Bagikan Bibit Tanaman

banner 468x60

Portalika.com [TRENGGALEK, JATIM] – Pemerintah Kabupaten Trenggalek merayakan Hari Jadi ke-829, Kamis (31/8/2023). Berjalan cukup sakral prosesi hari jadi diawali dengan kirab pusaka dari Balaidesa Kamulan menuju Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Kirab pusaka berjumlah 7 pusaka, terdiri dari 2 tombak Koro Welang, 1 Tunggul Songsong Nogo, Panji Kabupaten Trenggalek ditambah 2 pusaka pemberian Keraton Ngayogyakarta. Antusias warga luar biasa dalam kegiatan tersebut.

banner 336x280

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin membagikan bibit tanaman kepada masyarakat sepanjang jalan yang dilewati. Sesuai tema yang diusung Ngayomo, Ngayemi, Ngayani, diharapkan pembagian bibit yang dilakukan selain berdampak perbaikan ekologi juga berdampak ekonomi bagi masyarakat.

Baca juga: Lintasan Ujian SIM C Berubah, Kapolres Wonogiri Dan Tamu Undangan Nyicipi

“Yang berbeda dalam kirab kali ini kita membagikan bibit sebagai simbol bahwa tema kita ngayomi, ngayemi, ngayani. Bibit tanaman sekiranya merepresentasikan pengayoman-pengayoman dan juga kemakmuran. Jadi harapannya selain menjaga kelestarian lingkungan nantinya juga menghasilkan nilai ekonomi,” ungkap Mas Ipin usai menjalani serangkaian peringatan Hari Jadi Trenggalek.

“Hari ini saya bahagia sekali, masyarakat antusias berebut bibit. Artinya mereka memiliki semangat untuk menanam, untuk melestarikan alam sekitar dan kemudian juga dari kelestarian alam itu akan ada berkah rizki. Semoga bibit yang kita bagikan nanti ditanam kemudian panen,” imbuhnya.

Selain ada pembagian bibit, yang berbeda dalam hari jadi kali ini, salah satunya yaitu prosesi jamasan pusaka. Karena saat ini prasasti sebagai penanda Hari Jadi Trenggalek sudah kembali ke Trenggalek. “Ini menjadi menjadi satu hal yang sangat penting,” tegas Mas Ipin.

Kemudian nanti, lanjutnya menjelaskan, ketika malam hari jadi atau wayangan, puncak acara hari jadi, kami juga akan memberikan penghargaan kepada kepala desa-kepala desa yang inovatif dalam Adipura Desa. Yang nantinya di tahun yang akan datang, mereka akan mendapatkan hadiah berupa transfer fiskal dari kabupaten untuk masyarakat di desanya. (Rudi Sukamto)

Komentar