Warga Kunden Sebulan Langka Air, Anggota TNI Polri Kirim Air Bersih

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Polres Sukoharjo bersama Kodim 0726/Sukoharjo, melaksanakan bakti sosial (baksos) ke sejumlah desa yang kekurangan air bersih akibat kemarau berkepanjangan, Kamis (31/8/2023).

Baksos berupa air bersih tersebut dikirim ke tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo bagian selatan. Tiga kecamatan tersebut yakni, Kecamatan Bulu, Kecamatan Tawangsari, dan Kecamatan Weru.

banner 336x280

Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit mengungkapkan, pemberian bantuan sosial berupa air bersih dilaksanakan setelah adanya laporan dari masyarakat ke Bhabinkamtibmas mengenai langkanya air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, Siswa SD Dikenalkan Kearifan Lokal

“Menanggapi laporan itu, kami Polres Sukoharjo bersama Kodim 0726 dan BPBD Kabupaten Sukoharjo, langsung bergerak untuk memberikan bantuan air bersih. Harapannya bantuan ini bisa sedikit membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ujarnya.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi (kanan) dan Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit menuangkan air ke sumur warga Desa Kunden, Kecamatan Bulu. (Portalika.com/Ist)

Kapolres mengatakan, ada 11 titik di wilayah Sukoharjo selatan yang mendapatkan bantuan air bersih. Salah satunya yakni di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

“Jadi tercatat ada 11 titik yang langka akan air bersih. Kelangkaan air bersih ini akibat kemarau yang berkepanjangan,” jelasnya.

AKBP Sigit menambahkan pihaknya akan terus mengirimkan bantuan air bersih secara berkala di 11 titik tersebut. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Senada disampaikan Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi. Menurutnya, baksos berupa air bersih ini merupakan bentuk kepedulian TNI Polri kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga kehadiran TNI dan Polri ini dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW Desa Kunden, Wido, mengucapkan terima kasih kepada Polres dan Kodim Sukoharjo atas bantuan air bersih yang diberikan kepada warganya. Menurutnya, bantuan air bersih ini sangat bermanfaat sekali dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Ia mengatakan di Desa Kunden sendiri telah terjadi kelangkaan air bersih selama satu bulan terakhir ini akibat kemarau yang berkepanjangan.

“Jadi bantuan air bersih ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi ratusan warga di Desa Kunden, Kecamatan Bulu ini,” ungkapnya. (Suryono)

Komentar