PKKMB UNIBA Surakarta 2023, Siapkan Generasi Adaptif, Kolaboratif dan Memiliki Pemikiran Kritis

banner 468x60

Portalika.com [SURAKARTA] – Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) adalah momen ketika calon mahasiswa resmi terlantik menjadi mahasiswa di suatu universitas. Pada 1 September 2023, UNIBA Surakarta menggelar acara PKKMB. Acara PKKMB dimulai dengan pelaksanaan upacara pelantikan mahasiswa baru.

Pada agenda tersebut Rektor secara simbolik menyematkan tanda peserta PKKMB yang sekaligus menjadi penanda bahwa mereka resmi menjadi mahasiswa UNIBA Surakarta.
Dalam momen pengenalan kehidupan kampus disampaikan materi tentang sistem-sistem yang ada di UNIBA Surakarta. Rektor UNIBA Surakarta dalam kesempatan tersebut menyampaikan visi, misi, dan kebijakan UNIBA.

banner 336x280

Dalam paparannya, Rektor, Dr. H. Amir Junaidi, S.H., M.H berpesan, ”Dengan semangat dan ruh Guyub, Rukun, Manunggal yang Islami dengan falsafah bekerja bersama-sama saling Asah, Asih, Asuh menjadikan UNIBA sebagai rumah yang indah dan menyenangkan bagi civitas academica UNIBA.”

Rektor juga menyematkan pesan bahwa mahasiswa diharapkan menganggap UNIBA sebagai baiti jannati, rumahku surgaku. Pemaparan selanjutnya adalah pemaparan materi akademik yang disampaikan oleh Wakil Rektor I, dan kemudian pemaparan tentang sistem administrasi keuangan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang II, Dr. Kartika Hendra Titisari, S.E., M.Si., Akt., C,A., CSRS., CSRA. Materi terkahir terkait kemahasiswaan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang III, Dr. Ida Aryati D.W.P., S.E., M.H. M.Si.

”Adik-Adik dituntut sebagai pembelajar sampai akhir hayat. Pembelajaran tidak hanya bersifat hardskill, tapi juga softskill. Adik-adik dituntut untuk bisa berkolaborasi dengan temannya. Adik-adik juga harus bisa bersifat fleksibel dan memiliki critical thinking, serta memiliki computation logic”, pesan Dr. Ariy Kahaerudin, S.H., M.H, wakil rektor bidang akademik.

Kemampuan Computation logic menjadi faktor yang esensial. Mengingat saat ini informasi dari internet sangat berlimpah, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk melakukan seleksi informasi sehingga informasi dapat digunakan dengan bijak dan tepat.

Selain materi tentang ke-UNIBA-an, mahasiswa juga dibekali dengan materi Bela Negara yang dibawakan oleh Dr. Matnuri, S.H., M.Kn, materi kesadaran politik oleh Eko Budiyanto, S.H., M.H., dan informasi tentang pusat karir oleh Ir. Safrudin Hamdani. Hari pertama PKKMB ditutup dengan Pengenalan Kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) tingkat fakultas. Melalui PKKMB ini mahasiswa diharapkan mampu menyesuaikan diri dalam babak
baru proses pembelajaran. Mahasiswa diharapkan siap dalam mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi untuk dapat menjadi generasi yang adaptif, kolaboratif, dan mampu berpikir kritis. (Yulianto)

Komentar