Siswa MTsN 9 Boyolali Diajak Berani Melapor Jika Melihat Tindakan Bullying Di Sekolah

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, melaksanakan kegiatan dalam rangka memberikan layanan informasi dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menghentikan tindakan bullying pada anak remaja.

Kegiatan sosialisasi bertajuk stop bullying diadakan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 9 Boyolali dilaksanakan Andini Rahmawati. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Selasa, 8 Agustus 2023, di ruang kelas 7E MTsN 9 Boyolali.

banner 300x250

Dalam acara tersebut, mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta turut serta memberikan edukasi kepada siswa-siswi MTs N 9 Boyolali mengenai dampak negatif dari perilaku bullying, baik bagi korban maupun pelaku. Melalui presentasi, diskusi kelompok, dan cerita inspiratif, para mahasiswa berusaha menyampaikan pesan-pesan penting tentang pentingnya menghormati perbedaan, menjaga hubungan yang sehat, serta berperan aktif dalam mencegah tindakan bullying.

Baca juga: 7 Kategori Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2023: Merawat Kebangsaan Dan Demokrasi

Andini menyatakan sosialisasi bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mendukung pertumbuhan positif bagi anak remaja. “Kami berharap siswa-siswi MTsN 9 Boyolali dapat lebih peka terhadap tanda-tanda bullying dan berani melapor jika mengalami atau menyaksikan kasus bullying,” ujarnya.

Portalika.com/Ist

Dalam sesi tanya jawab, siswa-siswi aktif mengajukan pertanyaan mengenai cara menghadapi situasi bullying, bagaimana mengajak teman untuk berperilaku baik, dan langkah-langkah konkret dalam menghentikan tindakan bullying.

Kegiatan mendapat respon positif dari pihak sekolah, guru, dan siswa-siswi MTsN 9 Boyolali. Kepala Sekolah MTsN 9 Boyolali, Kusnan, SAg, MPd, mengapresiasi upaya mahasiswa KKN Unisri Solo mengadakan sosialisasi yang dinilai bermanfaat bagi siswa-siswi.

Dia berharap kegiatan sosialisasi stop bullying dapat memberikan dampak berkelanjutan dalam mencegah dan menghentikan tindakan bullying di kalangan anak remaja, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya sikap empati. Menghargai perbedaan, dan hubungan yang sehat dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat luas. (Heris)

Komentar