Suparno Parnaraya Dapatkan Anugerah Bintang Lencana LVRI

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Ketua Umum DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri memberikan anugerah Bintang Lencana LVRI kepada Suparno Parnaraya tokoh masyarakat bertangan dingin asal Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Acara tersebut digelar secara seremonial di Istana Parnaraya Desa Kebonagung, Kecamatan Sidoharjo, Minggu, 27 Agustus 2023.

Tercatat sejumlah menteri, kepala daerah dan rektor juga pernah menerima penghargaan tersebut.

banner 336x280

Acara tersebut dihadiri oleh Suparno Parnaraya, Ketua DPD LVRI Jawa Tengah Kolonel (purn) Zainal Chairul, SH, Ketua DPC LVRI Kabupaten Wonogiri Mayor (purn) H. Suwadji beserta jajaran, Wakil Ketua Umum Paguyuban Keluarga Wonogiri (PAKARI) Lesna Purnawan, SE, MM, GM Istana Parnaraya Endang Istriningsih, Kapolsek Karangtengah, Polres Wonogiri Iptu Sukamto dan tamu undangan lainnya.

Suparno Parnaraya dikenal memiliki perhatian terhadap para lansia dan veteran di Kabupaten Wonogiri. Istana Parnaraya yang diresmikan pada 17 Agustus 2017 adalah salah satu buktinya, bangunan viral tersebut didedikasikan oleh pria 53 tahun tersebut bagi para lansia dan veteran.

Mayor (purn) H. Suwadji, Ketua DPC LVRI Kabupaten Wonogiri menuturkan sejarah pertemuannya dengan sosok Suparno Parnaraya pada tahun 2014.

“Pak Suparno adalah sahabat Pak Marsekal Madya (purn) Daryatmo dari Batuwarno,” ucapnya.

Dia menjelaskan Suparno Parnaraya termotivasi untuk membuat kantor bagi Veteran cabang Wonogiri.

“Kami disiapkan kantor yang berbentuk Istana Parnaraya, atas jalinan itu dari bulan ke bulan dari tahun ke tahun kita sangat harmonis dengan Pak Suparno,” ulasnya.

Istana Parnaraya dihadirkan juga untuk kegiatan rapat-rapat koordinasi Veteran.

Dia menegaskan dalam setiap kegiatan, Suparno Parnaraya sering menghadirkan para veteran.

“Jaringan persahabatan kami dengan Pak Suparno sangat harmonis, semoga kedepan lebih bagus lagi dan lebih harmonis lagi, Allah akan selalu bersama dengan kita selalu menunjukkan jalan yang terbaik buat kami,” ungkapnya.

Dia menambahkan acara tersebut adalah penganugerahan karena sosok Suparno Parnaraya dinilai banyak sekali memberikan perhatian yang diberikan kepada para veteran.

“Proses untuk mengajukan ke atas membutuhkan proses panjang sehingga baru tahun ini bisa terlaksana, intinya sekarang ini penganugerahan Bintang Veteran buat Pak Suparno termasuk kami sendiri juga, yang akan menyematkan Ketua DPD LVRI Kolonel (purn) Zainal Chairul,” ucapnya.

Sebanyak 35 veteran hadir dalam acara tersebut.

“Mudah-mudahan kita selalu kompak dan harmonis, kegiatan ini tidak ada misi politik,” tandasnya.

“Saya sangat terharu karena selama ini tidak terpikir mengharapkan penghargaan, karena niat saya tulus ihklas memberi penghormatan kepada para orang tua lansia dan pejuang Veteran.Terima kasih atas perhatian dari para pimpinan Veteran Jawa Tengah,” ulasnya.

Para Pejuang Veteran, lanjut Suparno adalah sosok yang harus dijunjung tinggi dan selalu dalam perhatian karena rata-rata sudah usia lanjut.

“Kita harus mengucapkan terima kasih kepada para pejuang veteran apalagi dibulan Kemerdekaan seperti saat ini, Inshaa Allah jika Allah SWT ijinkan ada rezeki kami akan membuatkan kantor untuk Veteran Wonogiri walaupun bentuknya sederhana, semoga kami mendapatkan lahan yang terjangkau dan dapat dibangun sehingga dltempat itu nanti bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kami bersama bapak ibu pejuang veteran,Terima kasih masih ada sesepuh yang memperhatikan gerakan kami di Wonogiri dalam rangka Go Nyawiji Sesarangan Mbangun Wonogiri,” ujarnya.

“Semoga acara hari ini dapat memacu diri saya bisa lebih bersemangat berbuat banyak lagi untuk masyarakat Wonogiri terutama untuk mengembangkan wisata dan lain-lainnya, Go Sesarengan Mbangun Wonogiri,” lanjutnya.

Sementara Ketua DPD LVRI Jawa Tengah Kolonel (purn) Kolonel (purn) Zainal Chairul, SH menjelaskan
veteran sebagai pejuang Republik Indonesia yang memerdekakan republik ini, yang merebut kemerdekaan sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat.

“Kita hadir disini adalah nikmat yang diberikan Allah kepada kita melalui tangan para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia,” ucapnya.

“Kita memperingati hari Veteran setiap tanggal 10 Agustus, hari Veteran Nasional kemarin dipusatkan di Kota Solo yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan yang mewakili Presiden RI,” ungkapnya.

Semangat juang, lanjut Zainal adalah hal yang perlu diwariskan kepada generasi sekarang.

“Nilai-nilai Juang 45, itu ada kesetiakawanan,kebersamaan, patriotisme, pantang menyerah dan nasionalisme yang tinggi. kita merdeka, kita bangsa Indonesia bisa memerdekakan negeri ini dengan usaha sendiri bukan hadiah dari bangsa lain ini kelebihan bangsa Indonesia. Nilai juang inilah yang perlu diwarisi, Veteran mempunyai misi mewariskan nilai-nilai Juang 45 kepada generasi muda,” tegasnya.

Zainal juga mengucapkan terimakasih kepada Suparno Parnaraya atas perhatiannya kepada Veteran di Kabupaten Wonogiri.

Salah satu Veteran asal Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Serma (purn) Mariman mempunyai kesibukan positif di masa pensiunnya. Dia sejak tahun 1990 memproduksi obat herbal yang mampu mengobati sejumlah penyakit seperti asam lambung, maag, wasir, batu ginjal, kanker, stroke dan penyakit lainnya.

Mariman menjelaskan kemampuannya tersebut dia dapatkan ketika masih aktif menjadi tentara yang mewajibkannya melakukan survival di hutan.

Dia mengenal banyak sekali tanaman dan kegunaaan bagi tubuh.

Hal tersebut membuat Suparno Parnaraya tertarik untuk membantu Mariman dalam hal pengurusan izin.

“Kami akan mencoba membantu dalam hal perijinan apalagi disini ada sahabat kami Lesna Purnawan yang sudah sangat akrab dalam hal pengurusan izin sebuah produk,” tutup Suparno Parnaraya. (Yulianto)

Komentar