Talkshow UNSCF 2023 Bagikan Pengalaman Karier Sebagai Bekal Mahasiswa Menghadapi Kehidupan Pasca Kampus

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Talkshow UNS Career Festival (UNSCF): Empowering Your Career Path, Sabtu, 4 Novemver 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ballroom Gedung Ki Hadjar Dewantara Tower UNS.

Ruangan acara dipenuhi mahasiswa UNS dari berbagai fakultas dan angkatan yang hadir dengan penuh antusias. Talkshow UNSCF menghadirkan empat pembicara yang membagikan pengalaman karier di bidang masing-masing.

banner 336x280

Mereka adalah Ketua Kemitraan Public Affairs Forum Indonesia (PAFI), Arif Reza Fahlepi, SS, MIkom, Direktur SDM, Umum, dan IT Perum Perhutani, Muhammad Denny Ermansyah, Staf Khusus kementerian Investasi/BKPM RI, Muhammad Pradana Indraputra serta Co-Owner dan Executive Director Inspire IDN, Alfreno Kautsar Ramadhan. Sesi talkshow dimoderatori oleh Ardella Emilia Al Ninditya, Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS.

Baca juga: Dosen Muda UNS Mendapatkan Penghargaan Young Scientist Award

Direktur Direktorat Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan (DRAK) UNS, Dr Sutanto, SSi, DEA mengatakan kampus berusaha mewujudkan agar lulusan-lulusan UNS mendapatkan pekerjaan layak sesuai dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Dia mengingatkan para peserta untuk menjadi lulusan yang kompatibel, kongruen, serta simetris dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Hal tersebut dapat dipersiapkan dengan membawa permasalahan kehidupan ke dalam kampus untuk dipelajari.

Mahasiswa UNS peserta talkshow bekal keterampilan pasca kampus. (Portalika.com/Ist)

“Mumpung masih jadi mahasiswa, [selama] tiga-empat tahun disini, dapatkanlah ilmu dan praktikanlah. Bangun karier kalian,” tutur Dr Sutanto.

Dunia pasca kampus pasti akan dilalui para mahasiswa. Beragamnya usaha dan kemampuan menciptakan starting point yang berbeda untuk setiap orang. Arif Reza berpesan agar setiap lulusan dapat memaksimalkan jejaring yang telah dibangun selama berkuliah. Langkah ini dapat menjadi solusi dalam persaingan dunia kerja.

“Manfaatkanlah jejaring kalian untuk melakukan sebuah aksi yang tentunya bisa berdampak positif setidaknya bagi diri sendiri. Sehingga pada saat lulus tidak bingung memilih jalur karier,” ujar Arif Reza.

Strategi membangun karier juga perlu untuk dipikirkan secara matang. Para peserta talkshow diingatkan untuk membuat target-target tertentu. Denny Ermansyah bahkan berpesan agar mahasiswa mampu membuat target sulit. Target seperti ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah pesaing dalam dunia kerja.

Portalika.com/Ist

“Membuat target itu yang susah karena pesaingnya pasti sedikit. Dari situ kita akan berusaha mengatur waktu untuk menata persiapan target kita,” pesan Denny Ermansyah.

Keseluruhan sesi talkshow memberikan banyak ilmu dan pengalaman bagi para peserta. beberapa mahasiswa UNS yang hadir turut bertanya perihal karier kepada para pembicara. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.

Sekilas UNSCF
UNS Career Festival (UNSCF) merupakan sebuah program yang memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan kapasitas sumber daya. Untuk memberikan pengalaman yang lebih, UNSCF menyediakan program kelas karier dan juga serangkaian seminar.

Program-program di UNSCF bertujuan mempersiapkan mahasiswa menjadi seorang profesional muda yang siap memasuki dunia kerja yang semakin modern, kompleks, komunikatif, dan beragam. Selain itu, mahasiswa dapat memperluas pertemanan dan relasi.

Dengan adanya fasilitas yang diberikan, harapannya mahasiswa dapat mengembangkan softskill dan hardskill-nya untuk jenjang karir ke depan. (Triantotus)

Komentar