40 Mahasiswa Unaya Lakukan Pengabdian Di Puskesmas Aceh Besar

banner 468x60

Portalika.com [ACEH BESAR] – Sebanyak 40 mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama (Unaya) Aceh melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di sejumlah pukesmas di Aceh Besar.

Program kegiatan pengabdian bersama 28 dosen dari kampus tersebut diharapkan mampu menurunkan angka stunting di kabupaten tersebut. 

banner 300x250

Acara serimonial pelepasan dan penyerahan mahasiswa dan dosen dari kampus Unaya ke Pemerintah Aceh Besar yang disambut baik Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM, MKes. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Dekranasda, Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Senin, 10 Juni 2024.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Abulyatama, Dr Lensoni, MKes mengatakan kegiatan yang akan dilakukan yaitu pendampingan dan edukasi  dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga: FIIK Abulyatama Jalin Kerja Sama Dengan UPTD Balai Pelatihan Kesehatan Aceh

Dalam kegiatan ini, nantinya pihaknya mendampingi dari calon pengantin hingga sampai dua tahun usia anaknya.

“Maksudnya kita lakukan pendampingan dari sasaran masih menjadi calon pengantin, kemudian hamil, melahirkan sampai anaknya berusia dua tahun nantinya dan kita pantau pemberian ASI eksklusifnya, imunisasinya dan tumbuh kembangnya,” sebutnya.

Dia menyebutkan kegiatan ini sifatnya kontinue dan kita akan menyesuaikan jadwal yang ditetapkan dinas kesehatan supaya tidak sulit dan lebih mudah memberikan edukasi untuk pengambilan data yang kita butuhkan.

“Pendataan yang kita lakukan terkait dengan apa yang diaplikasikan,” ujarnya.

Diharapkannya dengan adanya kegiatan tersebut, bersama-sama berkolaborasi berupaya supaya stunting di Aceh Besar menurun pada tahun 2025.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM, MKes mengatakan pertemuan dan penyerahan mahasiswa dan dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat dari Unaya selaras dengan intervensi serentak dari awal juni sampai akhir bulan ini di 600 desa dengan posyandu 660 desa di Aceh Besar.

“Kegiatan ini sesuai juga dengan kementerian dalam negeri tanggal 13 Mei yaitu pelaksanaan kegiatan intervensi serentak, pada  bulan juni ini serentak seluruh Indonesia kita lakkukan timbang ulang anak-anak yang menjadi sasaran bagi calon pengantin,” katanya.

Menurutnya kegiatan ini bisa memberikan kontribusi banyak tentunya di dinas kesehatan, sehingga 33.000 balita dari Aceh Besar pada tahun lalu yang tertimbang 28.000 dan pada bulan ini bisa ditimbang semua dan harapannya angka stunting pada anak bisa menurun. (Putra/*)

Komentar