Anggota Karang Taruna Wonosari Diberi Bekal Memahami Media

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kelompok 33 memberikan sosialisasi mengenai literasi media kepada Karang Taruna Desa Wonosari, Bendungan, Simo, Boyolali, 17 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan program kerja individu dari salah satu mahasiswa KKN Unisri, Bintang Permata Putra, prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unisri. Dia mengatakan dalam Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, pengetahuan serta pengabdian kepada masyarakat.

banner 336x280

Dia menyatakan sosialisasi mengenai literasi media, merupakan implementasi salah satu poin dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dari bentuk kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat di Desa Wonosari.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Kenalkan Microsoft Word Pada Siwa Kelas V SDN Karangasem

“Saat ini media merupakan sarana penting bagi kehidupan sehari-hari oleh karena itu literasi media sangat dibutuhkan dalam memahami pesan dari media agar kita tahu pesan apa yang disampaikan oleh media tersebut. Maka dari itu pemuda Karang Taruna diberi bekal literasi media agar kedepannya bisa memahami isi pesan yang disampaikan lewat media, sehingga bisa lebih bijak dalam mencerna informasi,” ujarnya.

Portalika.com/Ist

Bintang menjelaskan tujuan yang ingin dicapai adalah agar para pemuda di desa Wonosari bisa lebih bisa memahami pencitraan media lewat sosialisasi yang diberikan tentang kesadaran media. Kegiatan  ditujukan terhadap Karang Taruna Desa Wonosari guna memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang media sehingga dapat membedakan berbagai pesan media.

Memberikan pemahaman tentang literasi media dilakukan dengan cara sosialisasi, sehingga terlihat jelas betapa pentingnya kesadaran media agar tidak terjerumus terhadap pesan media yang dilihat sehari-hari, sehingga dapat mencegah para pemuda di Desa Wonosari agar tidak salah paham tentang pesan media yang beredar.

“Hasil yang dicapai dari sosialisasi yang dilakukan adalah para pemuda di Desa Wonosari mendapatkan pemahaman tentang kesadaran media dan dapat memfilter pesan dari media tentang pesan media yang membujuk maupun pesan yang hanya fantasi,” katanya. (Heris)

Komentar