Gapai WCU, FK UNS Awali Kembangkan Jejaring Internasional Dengan NCKU Taiwan

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Fakultas Kedokteran (FK) jalin kerja sama dengan College of Medicine, National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan di bidang pendidikan dan penelitian dalam mendukung Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai world class university.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UNS dan NCKU dilaksanakan Dekan FK UNS, Prof Dr Reviono, dr SpP(K) dan Dekan College of Medicine, Professor Yan-Shen Shan, MD, PhD.

banner 336x280

FK UNS melakukan kerja sama di bidang kedokteran dengan pertimbangan NCKU mempunyai keunggulan di bidang riset kedokteran baik penelitian dasar maupun penelitian klinis. Saat ini, National Cheng Kung University merupakan universitas terkemuka di Taiwan yang menduduki rangking 224 di QS World University Ranking dan menduduki ranking 36 pada Asian University Ranking.

Baca juga: 22 Gubes Di Bulan September Menambah Percaya Diri UNS Menuju WCU

NCKU juga mempunyai rumah sakit pendidikan yang cukup besar dengan jumlah 1.200 tempat tidur yang didukung banyak tenaga medis yang ahli di bidangnya. Selain itu, NCKU juga memiliki program pertukaran mahasiswa internasional yang cukup luas. 

“Pada saat ini MoU sudah ditandatangani kedua pihak, diharapkan tidak lama lagi, sekitar bulan November dimulai stase pendidikan PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNS di NCKU Hospital. Selain pada program dokter spesialis, rencana juga program studi S2 Biomedik akan melakukan kerja sama dengan College of Medicine, National Cheng Kung University,” jelas Prof Reviono di sela-sela MoU, Rabu kemarin di Tainan, Taiwan disampaikan humas UNS, Kamis (21/9/2023).

Portalika.com/Ist

Dalam penandatanganan MoU tersebut, kedua perguruan tinggi menyepakati berbagai kegiatan kerja sama. Terdapat program pertukaran mahasiswa dimana FK UNS akan mengirimkan mahasiswa untuk mengikuti pelatihan penelitian pada departemen di College of Medicine NCKU. Kerja sama ini memberikan kesempatan mahasiswa dalam proyek penelitian di bawah bimbingan dosen UNS. Mahasiswa UNS akan mengerjakan sebagian proyeknya NCKU selama 1-3 bulan.

FK UNS akan mengundang guru besar dari NCKU untuk memberikan kuliah pada mata kuliah kedokteran dasar atau klinis. FK UNS juga akan mengirimkan guru besar ke NCKU untuk memberikan kuliah pada mata kuliah kedokteran dasar atau klinis.

Guru besar UNS akan bekerja sama dengan guru besar NCKU untuk mengajukan permohonan hibah penelitian internasional. FK UNS akan menyeleksi beberapa calon untuk mengambil program Magister atau Doktor di NCKU.

Bagi kandidat terpilih, NCKU menawarkan beasiswa yang mencakup beaya kuliah, beaya hidup, dan penelitian laboratorium. FK UNS juga akan mengirimkan beberapa dokter yang menjalani program spesialis untuk mengikuti penelitian atau pelatihan kedokteran di Rumah Sakit NCKU.

Pelatihan penelitian berkaitan dengan kegiatan penelitian terkini dan keterampilan klinis di rumah sakit NCKU. Setelah penandatangan MoU, Prof Chang-Wen Chen, MD, PhD dari Division of Chest Medicine, Department of Internal Medicine mengajak tim dari FK UNS untuk berkeliling NCKU.

Portalika.com/Ist

Terdapat fasilitas terapi maupun diagnostik khususnya di bidang respirasi di NCKU Hospital. Rombongan UNS diperlihatkan fasilitas laboratorium di bidang Biomedik. Pada kesempatan tersebut Prof Chien-Sheng Chen, PhD dari High Throughput Biosensing Laboratory bersama Prof Hsiu-Ling Chen dari Food Safety/Hygiene and Risk Management menjelaskan secara rinci fasilitas laboratorium, jenis pemeriksaan serta proyek yang saat ini dikerjakan.

Prof Jhy-Wei Shin, PhD, dari Department of Parasitology, Head Center for Continuing Education yang mengembangkan sistem pembelajaran kedokteran di NCKU juga memberikan penjelasan mengenai pembelajaran digital. Selanjutnya, Tim dari FK UNS juga mendapat penjelasan teknologi nano yang sedang dikembangkan untuk kasus malignansi dan metabolik Prof Wen-Ping Su, PhD, Director Institute of Clinical Medicine. (Triantotus)

Komentar