22 Gubes Di Bulan September Menambah Percaya Diri UNS Menuju WCU

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta saat ini bergembira karena selama bulan September 2023 ini menambah 22 guru besar (Gubes) baru. Setelah lima Guru Besar dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum, Selasa kemarin, kini UNS Kembali akan mengukuhkan lima Gubes baru.

Kelima Gubes baru ini berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Pertanian (FP) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

banner 336x280

Dalam Konferensi Pers di hadapan media, Rabu (20/9/2023) di Ruang Sidang  Gedung dr Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof Ir Ari Handono Ramelan, MSc(Hons), PhD, mengatakan kelima Gubes baru tersebut akan dikukuhkan Rektor di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Kamis (21/9/2023) besok.

Baca juga: Gubes Jangan Jadi Menara Gading, Sibuk Urusan Sendiri Tapi Harus Peka Terhadap Perubahan, Mampu Jadi Role Model Inspiratif

Mereka Prof Dr Akhmad Arif Musadad, MPd sebagai Gubes dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Sejarah, FKIP. Akhmad Arif merupakan Gubes ke-278 UNS dan ke-71 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul Merawat Persatuan dalam Kebhinekaan melalui Manajemen Pembelajaran Sejarah Terintegrasi Nilai Multikulturalisme.

Kedua Prof Dr Djono, MPd akan dikukuhkan sebagai Gubes bidang Ilmu Bahan Ajar Sejarah pada FKIP dan merupakan Gubes ke-279 UNS dan ke-72 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Wanita Aceh untuk Menanamkan Nilai Nasionalisme Generasi Muda.

Ketiga Prof Dr Suminah, MSi dikukuhkan sebagai Gubes dalam bidang Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan pada Fakultas Pertanian (FP) dan menjadi Gubes ke-280 UNS dan ke-41 FP dengan pidato inaugurasi berjudul Pendekatan Psikologis Dalam Penyuluhan Untuk Membangun Self Reliance Pelaku Usaha Mikro.

Portalika.com/Ist

Keempat Prof Dr Ir Kusnandar, MSi sebagai Gubes bidang Ilmu Manajemen Agribisnis pada FP ini merupakan Gubes ke-281 UNS dan ke-42 FP dengan pidato inaugurasi berjudul Strategi Networking UMKM Agribisnis dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing.

Kelima Prof Dr rer nat Witri Wahyu Lestari, SSi, MSc dikukuhkan sebagai Gubes bidang Ilmu Metal Organic Frameworks (MOF) pada FMIPA dan merupakan Gubes ke-282 UNS dan ke-25 FMIPA dengan pidato inaugurasi berjudul Peranan Material Cerdas Berbasis Metal-Organic Framework (MOF) dalam Bidang Lingkungan, Energi, dan Biomedis.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, berharap penambahan lima guru besar baru tersebut semakin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU). “Alhamdulillah UNS menambah lima guru besar baru dari tiga fakultas yaitu FKIP, FP dan FMIPA. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi guru besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima guru besar baru, semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia,” terang Prof Ari.

Ari menambahkan, selama bulan September ini, UNS akan mengukuhkan 22 guru besar baru. “Lima guru besar baru kami kukuhkan pada Selasa (19/9/2023) kemarin, lalu lima guru besar dikukuhkan pada besok Kamis (21/9/2023), kemudian enam guru besar akan dikukuhkan pada Senin (25/9/2023) dan enam guru besar lagi akan dikukuhkan lagi pada Rabu (27/9/2023). Semoga acara pengukuhan Guru Besar UNS berjalan lancar,” tandas Prof Ari. (Triantotus)

Komentar