Gubes Jangan Jadi Menara Gading, Sibuk Urusan Sendiri Tapi Harus Peka Terhadap Perubahan, Mampu Jadi Role Model Inspiratif

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Lima Guru Besar (Gubes) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi dikukuhkan dalam Sidang Terbuka Senat Akademik, Selasa (19/9/2023) di Auditorium GPH Haryo Mataram kampus setempat. Kelima Gubes itu, Prof Dr Ars Avi Marlina, ST, MT, Prof Dr Eko Pujiyanto, SSi, MT, Prof Dr Kundharu Saddhono, SS, MHum, Prof Dr Pamudji Utomo, dr, SpOT(K) dan Prof Dr Sapta Kunta Purnama, MPd.

Pengukuhan lima guru besar dilaksanakan sebagai bentuk pengakuan keilmuan dibidang akademik. Kelimanya menyampaikan pidato pengukuhan sesuai dengan bidang keilmuannya. Prof Avi merupakan Gubes bidang  Ilmu Transformasi Budaya Bermukim pada Fakultas Teknik (FT).

banner 336x280

Dia menyampaikan pidato mengenai Arsitektur Regeneratif Menuju Keberlanjutan Kawasan Warisan Budaya Buluwarti Surakarta. Kemudian Prof Eko merupakan Gubes bidang Ilmu Manajemen Kualitas pada FT yang menyampaikan pidato mengenai Rekayasa Kualitas Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Manufaktur yang Berkelanjutan.

Baca juga: UNS Tambah Lima Guru Besar Dari Empat Fakultas, Perkuat Misi Menjadi WCU

Dilanjutkan Prof Kundharu, Gubes bidang Ilmu Sosiolinguistik pada FKIP menyampaikan pidato mengenai Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional dalam Perspektif Sosiolinguistik. Kemudian, Prof Pamudji Gubes bidang Ilmu Orthopaedi Tulang Belakang pada Fakultas Kedokteran (FK).

Dia menyampaikan pidato mengenai Penanganan Penyakit Tulang Belakang untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Sumber Daya Manusia serta Prof Sapta Kunta yang merupakan Gubes bidang Ilmu Olahraga menyampaikan pidato mengenai Pembinaan Paralympian Menuju Indonesia Emas 2045.

Portalika.com/Ist

Rektor UNS Surakarta, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum menyampaikan rasa berbangga hati atas prestasi luar biasa yang telah dipersembahkan para dosen UNS yang telah mencapai jabatan akademik tertinggi. Menurutnya, UNS menjadi lebih percaya diri untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan masa depan bangsa Indonesia.

Jamal berpesan jabatan guru besar jangan hanya digunakan untuk berdiri di atas menara gading, yang sibuk dengan urusannya sendiri. Tapi, jadilah guru besar yang peka terhadap perubahan dan mampu menjadi role model yang dapat menginspirasi para dosen muda, mahasiswa dan masyarakat untuk terus bertransformasi menjadi lebih baik.

“Saya atas nama pribadi dan pimpinan universitas mengucapkan selamat dan sukses kepada Prof Avi Marlina, Prof.l Eko Pujiyanto, Prof Kundharu Saddhono, Prof Pamudji Utomo, dan Prof Sapta Kunta Purnama, yang telah meraih jabatan guru besar. Semoga kehadiran para guru besar baru tersebut, akan berkontribusi meningkatkan reputasi akademik UNS yang berskala internasional, khususnya dibidang riset dan inovasi,” terang Prof Jamal. (Triantotus)

Komentar