UNS Tambah Lima Guru Besar Dari Empat Fakultas, Perkuat Misi Menjadi WCU

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah lima guru besar (Gubes) baru dari empat fakultas. Kelima Gubes baru tersebut akan dikukuhkan Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho, SH, MHum di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Selasa (19/9/2023).

Dalam konferensi pers di hadapan media, Senin (18/9/2023) di Ruang Sidang 2 Gedung dr Prakosa UNS, Sekretaris Senat Akademik UNS, Prof Ir Ari Handono Ramelan, MSc (Hons), PhD, mengatakan kelima Gubes ersebut yang pertama Prof Dr Ars Avi Marlina, ST, MT. Dia akan dikukuhkan sebagai Gubes dalam bidang Ilmu Transformasi Budaya Bermukim pada Fakultas Teknik (FT).

banner 336x280

Avi Marlina merupakan Gubes ke-273 UNS dan ke-25 FT dengan pidato inaugurasi berjudul Arsitektur Regeneratif Menuju Keberlanjutan Kawasan Warisan Budaya Baluwarti Surakarta. Kedua Prof Dr Eko Pujiyanto, SSi, Mat akan dikukuhkan sebagai Gubes di bidang Ilmu Manajemen Kualitas pada FT dan menjadi Gubes ke-274 UNS dan ke-26 FT dengan pidato inaugurasi berjudul Rekayasa Kualitas Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Manufaktur Yang Berkelanjutan.

Baca juga: Lima Guru Besar Baru Dikukuhkan, Rektor Optimistis Target 10% Tercapai

Kemudian ketiga Prof Dr Kundharu Saddhono, SS, MHum akan dikukuhkan sebagai Gubws di bidang Ilmu Sosiolinguistik pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),  merupakan Gubea ke- 275 UNS dan ke-70 FKIP dengan pidato inaugurasi berjudul Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Internasional Dalam Perspektif Sosiolinguistik.

Keempat Prof Dr dr Pamudji Utomo, SpOT(K) akan dikukuhkan sebagai Gubes dalam bidang Ilmu Orthopaedi Tulang Belakang pada Fakultas Kedokteran (FK) dan menjadi Gubes ke-276 UNS dan ke-48 FK dengan pidato inaugurasi berjudul Penanganan Penyakit Tulang Belakang Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Sumber Daya Manusia.

Kelima Prof Dr Sapta Kunta Purnama, MPd di bidang, Ilmu Olahraga pada Fakultas Keolahragaan (FKOR), yang merupakan Gubes ke-277 UNS dan ke-4 FKOR dengan pidato inaugurasi berjudul Pembinaan Paralympian Menuju Indonesia Emas 2045.

Sekretaris Senat Akademik (SA) UNS, Prof Ir Ari Handono Ramelan, MSc (Hons), PhD berharap dengan penambahan lima Gubes baru tersebut semakin penguatkan UNS menuju World Class University (WCU). “Alhamdulillah UNS menambah lima Guru Besar baru dari empat fakultas yaitu FT, FKIP, FK dan FKOR. Semoga dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi Guru Besar. Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima Guru Besar baru, semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkelas dunia,” terang Prof Ari. (Triantotus)

Komentar