“Kalau Adik-Adik Datang Ke UNS Hanya Dengan Cita-Cita Mencari Ijazah Dan Mau Menjadi Karyawan Saja, Lebih Baik Kembali Ke Kampung Sekarang”

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia memberikan motivasi di hadapan lebih dari 10.000 mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Acara itu dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023 hari ini di Auditorium GPH Haryo Mataram, Selasa (22/8/2023).

Menteri Investasi memberi dorongan agar mahasiswa memiliki cita-cita yang tinggi agar mampu memberikan perubahan nyata bagi bangsa.

banner 300x250

“Dunia sekarang sudah berbeda, banyak terjadi perubahan. Kalau adik-adik datang ke UNS hanya dengan cita-cita mencari ijazah dan mau menjadi karyawan saja, lebih baik kembali ke kampung sekarang. Karena saya percaya kampus ini tempat untuk mencari ilmu komprehensif dan berkualitas, tidak hanya ijazah. Kalian harus punya mimpi yang tinggi!” kata Bahlil.

Baca juga: Rektor: Rapatkan Barisan, Bersama-Sama Jaga Suasana Kampus UNS Yang Sejuk Dan Damai

Di sela-sela memberikan motivasi kepada mahasiswa, Bahlil juga menyempatkan untuk berinteraksi langsung dengan beberapa mahasiswa. Salah satu mahasiswa yang berkesempatan untuk berdialog langsung dengannya adalah Intan Listiana, mahasiswi Program Studi (Prodi) D-3 Budidaya Ternak Sekolah Vokasi (SV) UNS.

Menteri Investasi, Bahlil (baju putih, kanan) berbincang dengan seorang mahasiswa baru UNS. (Portalika.com/Ist)

Intan mengatakan dirinya memiliki impian untuk meningkatkan brand value dari usaha keripik pisang.

“Saya ingin meningkatkan brand value bisnis saya agar bisa bersaing dengan kompetitor dan bisa menarik para investor agar bisnis saya bisa meningkat. Saya memiliki bisnis keripik pisang. Saya titipkan di pusat oleh-oleh. Saya ingin membantu orang-orang yang mencari pekerjaan di saya tapi karena usaha masih kecil belum bisa memberi gaji yang layak,” ungkap Intan.

Menteri Investasi memuji impian tersebut dan memberikan bantuan modal usaha kepada Intan untuk dapat mengembangkan usaha impiannya. Selain Intan, ada mahasiswa lain yang juga beruntung memperoleh bantuan beaya hidup selama berkuliah.

Portalika.com/Ist

Bantuan nantinya akan diberikan dari perusahaan yang dijembatani oleh Menteri Investasi. Mahasiswa tersebut adalah Adila Paramita Larasati, mahasiswa Prodi Manajemen Administrasi UNS.

“Beasiswamu ditanggung oleh Pak Rektor. Beaya hidupmu nanti sampai selesai [berkuliah] saya carikan perusahaan yang akan membantu kamu. Tugas kamu sekolah saja dulu. Saya tidak ingin kamu seperti saya dahulu. Kalau saya dulu sekolahnya sambil jualan koran dan sambil buruh kasar,” ucap Bahlil.

Kehadiran Menteri Investasi pada kegiatan PKKMB UNS 2023 ini dalam rangka memenuhi undangan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan motivasi bagi para mahasiswa baru. Sebelumnya, Menteri Investasi telah bertemu dengan para mahasiswa baru di Universitas Diponegoro (Undip) di Semarang, Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Brawijaya. (Suryono)

Komentar