Kapolda: Penyampaian Pendapat Di Muka Umum, Mayday Hak Buruh Tetapi Hargai Juga Hak Orang Lain

banner 468x60

Portalika.com [SEMARANG] – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, menegaskan terwujudnya pemilu damai berkat peran serta kaum buruh dan pekerja. Pernyataan itu diapresiasi Kapolda saat halal bihalal Kapolda Jateng bersama Keluarga Besar Elemen Buruh di Hotel MG Setos, Kota Semarang, Kamis, 25 April 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho, sejumlah pejabat utama Polda Jateng, Kapolrestabes Semarang serta ratusan orang perwakilan dari berbagai serikat buruh yang ada di Jawa Tengah.

banner 300x250

Selama kegiatan berlangsung, suasana hangat dan akrab menggambarkan kedekatan Kapolda dengan kaum buruh yang terwakili oleh berbagai serikat pekerja.

Baca juga: Kapolda Jateng Mohon Restu Di Hadapan Majelis Bedoro Bersholawat

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak ibu seluruh elemen buruh sekalian. Proses demokrasi yang kemarin telah berjalan dengan lancar. Ini tak lepas dari peran serta bapak ibu sekalian yang mendukung terciptanya Pemilu yang damai,” ujar Kapolda Jateng.

Situasi pemilu yang damai, lanjut Kapolda dapat tercipta berkat para buruh yang tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat meski mempunyai pilihan yang berbeda.

“Saya harapkan suasana aman tersebut juga tercipta di tengah masyarakat saat peringatan hari buruh atau Mayday besok,” harap Kapolda.

Portalika.com/Anom

Kapolda menegaskan penyampaian pendapat di muka umum adalah hak masyarakat yang diatur dan dilindungi oleh undang-undang. Dengan demikian dalam pelaksanaannya harus menghormati hak dan kewajiban orang lain, menghormati etika hukum yang berlaku, tidak bertentangan dengan norma agama, dan harus mematuhi tatanan hukum yg berlaku.

“Kewajiban polri dalam pengamanan adalah mengamankan barang, orang dan fasilitas umum dalam aksi demo. Sehingga apa yang menjadi aspirasi masyarakat saat menyampaikan pendapat bisa sampai kepada yang berhak menerimanya,” jelasnya.

Sementara itu Ketua DPD KSPN Nusantara, Nanang Setyono mengungkapkan apresiasinya khususnya Kapolda Jateng yang telah menjaga keamanan seluruh kegiatan masyarakat termasuk demo yang dilakukan perwakilan kaum buruh dan pekerja.

“Kami minta maaf apabila dalam praktek di lapangan buruh kurang mengerti tentang tupoksi Polri. Hal ini karena keterbatasan kami,” ujarnya.

Dirinya merasa bangga jajaran polri di Jawa Tengah memiliki sosok pimpinan yang selain berani dan mampu memelihara kamtibmas, namun juga dekat dengan masyarakat.

“Kami sangat mengapresi Bapak Kapolda Jateng dan jajarannya sangat luar biasa dalam menjaga kondisi kamtibmas dan sangat bangga dengan kepimimpinan bapak Kapolda Jateng,” tandasnya. (Triantotus)

Komentar