Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak Bagi Masyarakat Sangat Diperlukan

banner 468x60

Portalika.com [JAKARTA] – Pemerintah memperingati Hari Perumahan Nasional (Hapernas) setiap tanggal 25 Agustus. Pembangunan perumahan dinilai dapat tercapai dengan baik apabila terwujud kolaborasi yang baik antar pemangku kepentingan bidang perumahan.

“Tonggak Sejarah Hari Perumahan Nasional diawali dari Kongres Perumahan Rakyat Sehat pada 25-30 Agustus 1950 lalu, dan sejak tahun 2008 telah kita tetapkan menjadi Hari Perumahan Nasional,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Jumat (25/8/2023).

banner 336x280

Iwan menerangkan, setiap tanggal 25 Agustus merupakan momentum untuk mengingatkan kembali amanat Bapak perumahan Nasional yakni Bung Hatta dalam Kongres Perumahan Rakyat Sehat Tahun 1950. Pada kegiatan itu Bung Hatta menyatakan bahwa “Cita-cita perumahan rakyat dapat dicapai apabila kita bersungguh-aungguh mau dan berusaha dengan penuh kepercayaan, semua pasti bisa.”

Baca juga: Kementerian PUPR Siapkan Apresiasi Bagi Pengelola Rusun Terbaik

Adapun tema yang diangkat dalam Peringatan Hari Perumahan Nasional ke-15 di tahun 2023 ini adalah melanjutkan kolaborasi wujudkan hunian layak, berkelanjutan, dan terjangkau untuk semua. Pemilihan tema ini menunjukkan bahwa upaya pemenuhan perumahan yang layak masih memerlukan kolaborasi dan peran dari berbagai pihak.

“Melalui peringatan Hapernas tahun ini, kami ingin mengingatkan dan mendorong terus upaya kolaborasi antar stakeholder perumahan agar bahu-membahu menyediakan rumah yang layak, berkelanjutan, dan terjangkau untuk semua,” terangnya.

Sebagai informasi, beberapa rangkaian Peringatan Hapernas yang sudah dan akan dilaksanakan antara lain bakti sosial bedah rumah pada tanggal 6 Juli 2023, penanaman pohon di Rusun Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi Tangerang pada 29 Juli 2023, seleksi usulan penanganan kawasan perumahan dalam rangka pengentasan kawasan ekstrem mulai 24 Juli – 22 Agustus 2023.

Portalika.com/Ist

Selanjutnya akad kredit massal KPR BTN di Tigaraksa tanggal 8 Agustus 2023, pameran di Jateng Tapera Expo, webinar Korpri menyapa ASN Kementerian PUPR bertema keluarga harmonis itu dimulai dari rumah dan talk show interaktif UMKM Expo tanggal 10 – 12 Agustus 2023 dan kolaborasi program BSPS antara Kementerian PUPR dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam rangkaian Raimuna Nasional XII di Cibinong, Bogor dan Webinar Kebijakan Mutu Kepatuhan Intern (JAMU PATEN) pada 15 Agustus 2023.

Direktorat Jenderal Perumahan juga mengadakan media briefing Hapernas pada 25 Agustus 2023, kolaborasi Kementerian PUPR dengan Perumnas dan Pencanangan RITTA di Sumatera Selatan tanggal 25 – 26 Agustus 2023, sepeda santai Hapernas 2023 tanggal 27 Agustus 2023, ziarah ke makam Bung Hatta, seminar perumahan serta MoU HUD dengan UKM Malaysia, FGD bertemakan kolaborasi membangun negeri madani melalui pengembangan hunian vertikal bagi masyarakat menengah ke bawah perkotaan pada 29 Agustus 2023.

Seminar Indonesia housing forum kolaborasi dengan habitat dan Universitas Indonesia pada 30 Agustus serta malam puncak Hapernas sekaligus doa dan pengajian bersama pada 31 Agustus 2023 mendatang.

Ke depan, imbuhnya, pemerintah bersama-sama seluruh stakeholder pelaku pembangunan dalam membangun rumah dapat diwujudkan dengan berkolaborasi dan saling mendukung dalam Program Sejuta Rumah. Program ini dicanangkan Presiden Jokowi sejak 29 April 2015 dan sampai tahun 2022 telah membangun atau memfasilitasi penyediaan rumah sebanyak 7.988.585 unit bagi masyarakat.

“Pemerintah daerah juga memiliki peran yang sangat penting dalam penyediaan rumah yang layak dan terjangkau. Program Sejuta Rumah tidak bisa dilakukan secara terpusat, melainkan harus melibatkan peran aktif Pemda. Penanganan masalah perumahan di daerah tentunya berbeda – beda dan perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing,” harapnya. (Suryono)

Komentar