Kontingen Pencil Juara Umum Pasanggiri Persinas Asad

banner 468x60

Portalika.com (WONOGIRI] –  Sebanyak 500 pesilat putra Persinas Asad se-Pengcam Jatipurno mengikuti Pasanggiri Pencak Silat Persinas Asad di Lapangan Futsal Pondok Pesantren Bairuha’, Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Kontingen Pencil keluar sebagai juara umum di ajang tersebut.

Kegiatan dibuka Pembina Persinas Asad Jatipurno, H Suroto, SIP. Dia menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya Persinas Asad dalam melestarikan seni budaya silat tradisi. “Melalui Pasanggiri pencak silat ini, kami berharap generasi muda bisa semakin mencintai pencak silat warisan leluhur yang luar biasa. Mereka bisa mengambil nilai luhur dari filosofi silat tersebut,” ujar Suroto.

banner 336x280

Kegiatan ini mengusung tema “Dengan Ampuh untuk Selamat, Dengan Aman untuk Damai”. Adapun kategori yang dipertandingkan adalah kategori massal usia umum, kategori berkelompok usia dini, dan kategori Aplikasi Teknik dan Teori (ATT) usia pra remaja dan remaja.

Baca juga: 18 Pesilat Jateng Lolos Kualifikasi PON XXI Aceh, Sumut 2024

Ketua panitia panitia Pasanggiri, Yadi menjelaskan kejuaraan dilaksanakan selama satu hari sebagai upaya untuk melestarikan warisan leluhur dan meningkatkan kerukunan dan kekompakan bagi semua pendekar Persinas Asad yang sudah terjalin baik selama ini. Melalui Pasanggiri Persinas Asad diharapkan dapat melahirkan para pesilat yang berkarakter, tqngguh, dan berprestasi.

“Pencak silat merupakan langkah strategis dalam pembinaan generasi. Nilai-nilai kedisiplinan, kesopanan, sportifitas, dan soliditas dapat ditanamkan melalui pencak silat,”ungkapnya.

Portalika.com/Thamrin

Kegiatan yang digelar pada Kamis, 28 September 2023 diawali prosesi buka gelanggang oleh pendekar-pendekar senior Pengcam Jatipurno, yang menampilkan kolaborasi gerak silat dan aksi permainan golok kembar oleh atlet senior Nuryatno.

Kegiatan berakhir pada pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan berupa trofi dan piagam penghargaan bagi pemenang kejuaraan dari setiap kategori. Disamping itu juga ada apresiasi bagi peserta tertua dan kontingen terbanyak yang mengikuti kegiatan ini.

Tampil sebagai juara umum dari Pasanggiri ini adalah kontingen dari Kontingen Pencil yang dipimpin manager tim, Suparwoto dan pelatih Richy Gunawan, SPd dan Irfin Agung W. Trofi juara umum ini sekaligus mempertahankan gelar tahun lalu. (Thamrin)

Komentar