Lakukan Pembukuan Kas Sederhana, Usaha Berkembang Nyata

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Sebagai bagian dari pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unisri ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting, ekonomi ekstrim dan sanitasi lingkungan.

Peserta KKN PPM, Putri Anggreini Pramudita, mahasiswi Prodi Akuntansi KKN kelompok 15 pada hari 16 Agustus 2023 menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan pembukuan kas sederhana pada usaha dagang di Dusun Sempu, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Pembukuan sederhana bisa menjadi salah satu cara yang tepat bagi para pengusaha yang baru memulai bisnisnya.

banner 336x280

Menurutnya, pembukuan sederhana adalah pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan secara teratur untuk mengetahui informasi usaha dagang mereka. Transaksi tersebut meliputi penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran usaha.

Baca juga: Mahasiswa KKN PPM Memberikan Edukasi Pembukuan Sederhana Terhadap Pelalu UMKM Desa Pelemrejo

Putri mengatakan progamnya bertujuan untuk memberikan wawasan dan arahan kepada pelaku usaha dagang tentang pentingnya melakukan pembukuan kas dalam usaha. “Dari adanya sosialisasi dan pelatihan pembukuan kas sederhana kepada usaha dagang Dusun Sempu yang mengikuti kegiatan ini dapat termotivasi untuk membuat pembukuan kas dengan benar agar usahanya dapat berkembang menjadi besar. Karena masih banyak usaha dagang yang belum mempunyai pembukuan sehingga masih tercampur antara uang dagang dengan uang pribadi mereka,” katanya.

Dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dijelaskan mengenai pentingnya melakukan pembukuan pada usaha dagang mereka, manfaat pembukuan, dan bagaimana cara melakukan pembukuan dengan bener.

Selain diajari untuk membuat pembukuan kas sederhana para pemilik usaha dapat mengetahui pemasukan dan pengeluaran uang mereka secara terperinci. Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada pemilik usaha di Dusun Sempu agar mengetahui pentingnya pembukuan kas pada usaha yang dijalankan.

“Dengan adanya sosialisasi pembukuan kas sederhana untuk usaha dagang ini diharapakan para pelaku usaha dapat mengetahui cara melakukan pembukuan kas sederhana dengan baik, jelas dan rapi demi kelangsungan usahanya,” jelasnya. (Heris)

Komentar