Mahasiswa KKN Unisri Memberikan Pendampingan Belajar Calistung Bagi Siswa Kelas Rendah

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada bulan Juli-Agustus 2023 dengan tema Unisri ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting ekonomi ekstrim dan sanitasi lingkungan.

Menanggapi tema tersebut, mahasiswa anggota KKN Kelompok 49, Rebecca Tika Kristiawan, mahasiswi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang KKN di Desa Karangwuni, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr Rispantyo, MSi melaksanakan program kerja berjudul Pendampingan Belajar Baca, Tulis, dan Hitung (Calistung) Dengan Media di Kelas Rendah di SDN Karangwuni.

banner 300x250

Menurutnya program kerjanya bertujuan untuk guna meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Program ini juga membantu memudahkan bagi siswa yang belum lancar membaca, menulis, maupun berhitung.

Baca juga: Melalui Art Dan Games, Mahasiswi KKN PPM UNISRI Ajak Anak Sekolah Dasar Kenali Dunia Internasional

“Selain itu, kegiatan ini memberikan manfaat yaitu untuk melatih kepribadian anak. Hal ini bisa dilihat ketika anak berani belajar sesuatu yang baru, yang menandakan anak akan terus berkembang, meningkatkan kemampuan berpikir berkat materi-materi yang diberikan, mengasah kreatifitas dan memori anak agar lebih optimal,” ujarnya.

Portalika.com/Ist

Metode calistung, menurutnya memang dianggap lebih efektif dibanding metode hafalan. Anak cenderung akan lebih mudah menerima materi ketika sudah menguasai ilmu calistung.

Pendampingan telah dilaksanakan pada 1 Agustus 2023 dengan mendapatkan dukungan penuh dari kepala sekolah dan guru SDN Karangwuni.

Pendampingan dilakukan dengan tiga sesi, pertama penjelasan materi di kelas mengenai media calistung, sesi kedua game untuk menjawab contoh soal yang diberikan, dan yang ketiga pemberian hadiah kecil agar siswa terus semangat untuk belajar.

Siswa-siswi kelas III antusias dengan adanya pendampingan ini. Dapat dilihat dari perhatian penuh yang dilakukan siswa-siswi, sehingga dapat mengikuti kegiatan calistung sampai selesai. Siswa aktif maju untuk menjawab soal yang diberikan. (Heris)

Komentar