Manfaatkan Teknologi Untuk Meraup Keuntungan Bisnis

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa program studi Manajemen Universitas Slamet Riyadi mengadakan kegiatan penyuluhan dengan tema peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui adaptasi teknologi berjudul manajemen pemasaran secara digital. Sosialisasi guna memberikan ilmu yang dapat dilaksanakan untuk diterapkan dalam kegiatan usaha UMKM di Desa Cermo.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan salah satu program kerja individu pada mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada 5 Agustus 2023, di Kantor Desa Cermo.

banner 336x280

Pelaksana program, Muhammad Ilyas Bahtiar, menyatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pemahaman mengenai penggunaan aplikasi-aplikasi digital yang mana dapat memberikan kemudahan para UMKM di Desa Cermo dalam menjual dan memasarkan produknya secara digital yang lebih sederhana.

Baca juga: Mahasiswa KKN Pahamkan Komunikasi Persuasif Dalam Pemasaran Produk Atau Jasa

“Manajemen pemasaran digital adalah proses perencanaan, implementasi, pengelolaan, dan pengukuran strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan platform online untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek,” katanya.

Tujuan utama dari manajemen pemasaran digital, ujarnya, untuk mencapai target pasar secara efektif, membangun kesadaran merek, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan, akhirnya, meningkatkan penjualan dan keuntungan. Meningkatkan kesejahteraan melalui pemasaran digital merupakan konsep yang melibatkan penggunaan teknologi digital dan platform online untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek dengan tujuan meningkatkan pendapatan, visibilitas, dan dampak positif pada masyarakat.

Ilyas mengatakan melakukan pemasaran secara digital dapat memudahkan masyarakat dalam menjual produk yang mereka miliki dan bisa menjadi peluang usaha untuk menambah modal serta mengembangkan tempat usahanya. Dalam kegiatan itu para audiens mendengarkan dan mengamati setiap materi dan langkah-langkah dalam membuat toko digital di internet yang disampaikan oleh pemateri.

“Kegiatan sosialisasi tentang manajemen pemasaran secara digital ini diterima dengan baik oleh para masyarakat selaku pemilik UMKM di Cermo yang ditunjukkan dengan kedatangan tepat waktu dari masyarakat,” ujarnya.

Pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan media digital sebagai tempat berjualan produk sehingga dapat dikenal oleh banyak masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mencapai masyarakat sejahtera.

Ilyas menjelaskan dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualan barang atau jasa lewat media digital. Saat ini semua sudah menggunakan teknologi mutakhir dan serba menggunakan perangkat internet dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sehingga para pelaku UMKM di Desa Cermo harus dapat mengimbangi perkembangan jaman agar usahanya tetap dapat bersaing dan bertahan. (Heris)

Komentar