Meriahnya Festival Internasional Bebek Kartasura 

banner 468x60

Kartasura – RSC- Lebih dari sepuluh ribu warga Kartasura dan sekitarnya berkumpul untuk merayakan pembukaan Car Free Day (CFD) perdana di Jalan Slamet Riyadi Kartasura, Minggu, 17 September 2023.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Ambal Warsa Kartasura yang ke-343 dan turut dihadiri oleh Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani. Namun, yang paling mencuri perhatian adalah Festival Internasional Bebek Kartasura yang menandai bahwa Bebek Goreng telah menjadi ikon kuliner pariwisata baru di Kartasura.

banner 336x280

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Mas Said Surakarta Dr. M. Rahmawan Arifin, M.Si, yang juga merupakan salah satu inisiator dari festival internasional ini, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan kualitas para pengusaha bebek menuju standar internasional.

“Bebek Goreng Kartasura memiliki cita rasa yang sangat khas, terutama saat disajikan dengan sambel korek yang unik,” ujarnya.

Seorang mahasiswa Pasca Sarjana dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang berasal dari Bangladesh Mahmudulhassan Faruky, tidak bisa menyembunyikan kekagumannya terhadap kelezatan Bebek Goreng Kartasura.

Ia bersama dengan rekan-rekan mahasiswa asing lainnya sangat menikmati cita rasa khas dari Bebek Goreng Kartasura dan merasa bahagia dapat berbagi pengalaman bersama puluhan ribu warga yang hadir untuk menikmati 3.000 porsi Bebek Goreng gratis yang disiapkan oleh panitia.

Sementara, Chris, seorang selebgram asal Taiwan, juga terpukau oleh cita rasa Bebek Goreng Kartasura. Ia bahkan langsung melakukan live streaming di media sosialnya saat diajak makan di salah satu restoran Bebek Goreng di Kartasura.

Sementara salah satu warga Kartasura, Laila, merasa sangat bangga bahwa kotanya sekarang memiliki ikon kuliner yang dikenal di tingkat internasional, yaitu Bebek Goreng.

Dia berharap agar kelezatan Bebek Goreng Kartasura akan lebih dikenal oleh masyarakat dunia.

Begitu juga disampaikan oleh Agung, pemilik Restoran Pawon Ayu Kartasura, dia berharap agar Bebek Goreng ini dapat menjadi kuliner khas Kartasura yang mendunia. Dia dengan bangga menyematkan nama Kartasura dalam merek Bebek Goreng rempah yang ia kembangkan, bahkan sudah mendapatkan dukungan dari beberapa selebriti nasional.

Festival ini bukan hanya acara biasa, tetapi juga merupakan upaya lebih lanjut untuk memperkenalkan keunikan Bebek Goreng Kartasura kepada dunia.

Selain itu, festival ini diharapkan akan memberikan dorongan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kartasura. Semakin banyak orang mengetahui kelezatan Bebek Goreng Kartasura, semakin besar pula peluang bagi para pengusaha lokal untuk berkembang dan sukses di tingkat internasional. (Yulianto)

 

Komentar