Pendampingan Tata Kelola BUMDes Sesuai PP Nomer 11 Tahun 2021 Oleh KKN Undip

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Tim 2 KKN Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melakukan pendampingan terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Dusun Suru Wetan, Desa Minggarharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini diikuti oleh Struktur BUMilik Des.

BUMDes Maju Lancar Minggarharjo ini memiliki beberapa kegiatan usaha, seperti usaha molen sebagai penunjang pembangunan dan sumur irigasi persawahan. Kegiatan BUMDes sudah berjalan sejak 2017 yang tujuannya untuk membantu masyarakat dalam kegiatan pembangunan dan pertanian.

banner 336x280

Keberjalannya dalam mendaftarkan BUMDes Maju Lancar Minggarharjo saat ini masih dalam taraf verifikasi nama sehingga masih banyak dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan BUMDes sebagai Badan Hukum yang terdaftar.

Baca juga: Menanam Benih Kejujuran: KKN Undip Ajarkan Edukasi Antikorupsi Pada Anak-Anak

Adapun dokumen tersebut meliputi Berita Acara Musyawarah Desa Pendirian BUMDes, Peratuan Desa tentang Pendirian BUMDes, Anggaran Dasar AD BUMDes, Perkades tentang Anggaran Rumah Tangga, Rencana Program Kerja BUMDes.

Namun, permasalahan dalam pendaftaran badan hukum BUMDes Maju Lancar Minggarharjo adalah sumber daya manusia yang belum memiliki loyalitas yang tinggi, Sariono sebagai Direktur BUMDes Maju Lancar Minggarharjo menyatakan bahwa SDM yang dimiliki oleh BUMDes masih belum memiliki pamahaman yang cukup karena proses rekruitmennya suka rela sehingga tidak ada ikatan tanggungjawab yang tinggi.

Maka dari itu Tim 2 KKN Universitas Diponegoro pada 11 Agustus 2023, memberikan pendampingan terhadap pendaftaran BUMDes Maju Lancar Minggarharjo yang berfokus terhadap pembuatan dokumen Rancana Program Kerja BUMDes. Termasuk dalam mengevaluasi kinerja tahun lalu yang bisa menjadi bahan tolak ukur pertimbangan program kerja kedepannya. (Suryono)

Komentar