Pengamanan Perayaan Natal Berjalan Lancar, Polda Jateng Apresiasi Masyarakat Jawa Tengah

banner 468x60

Portalika.com [SEMARANG] – Kepolisian Daerah Jawa Tengah mengadakan pengamanan perayaan natal di gereja-gereja seluruh Jateng pada 24 hingga 26 Desember 2023. Tercatat, pengamanan dilakukan pada 3.543 gereja dengan rincian 571 gereja Katolik dan 2.916 gereja Kristen Protestan.

Perayaan natal di Jawa Tengah berjalan lancar dan tanpa insiden menonjol. Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto di Semarang, Kamis, 28 Desember 2023.

banner 300x250

Menurutnya, dalam mengamankan perayaan natal di gereja-gereja, pihaknya menerjunkan ribuan personel dari tingkat polda hingga polsek. Ada pun jumlah personel pengamanan di masing-masing gereja berbeda bergantung dari lokasi dan jumlah jemaatnya serta perkiraan situasi kamtibmas.

Baca juga: Kapolda Jateng Cek Kesiapan Pos Terpadu Tol Kalikangkung

“Pengamanan dilakukan dengan skala prioritas dengan standard pengamanan yang disesuaikan dengan situasi kamtibmas termasuk jumlah jemaat. Secara umum tujuan utama pengamanan adalah memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani dalam beribadat merayakan natal,” terangnya.

Atas kelancaran perayaan natal di Jawa Tengah tersebut, Polda Jateng memberikan apresiasi pada seluruh masyarakat.

Portalika.com/Anom

Menurut Kabid Humas, kelancaran dan kenyamanan yang dirasakan umat kristiani dalam merayakan natal tidak terlepas dari toleransi antar umat beragama di Jawa Tengah yang telah terbina dengan baik. Sejumlah ormas turut terlibat dalam pengamanan ibadah natal di gereja.

Disebutnya, kultur masyarakat untuk saling hormat menghormati antar umat beragama dan saling bersinergi untuk membangun situasi aman dan nyaman merupakan aset penting untuk menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif.

“Untuk itu kami sampaikan apresiasi yang tinggi pada masyarakat Jawa Tengah. Perayaan natal yang dilaksanakan umat kristiani berjalan sangat kondusif dan aman,” ujarnya. (Triantotus)

Komentar