Relawan FAST Sukoharjo Ikut Apel Dan Berlatih Penanganan TPTKP

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Sejumlah 57 unit mobil dan relawan Forum Ambulance Sukoharjo Bersatu (FAST) mengikuti apel salam rangka kesiapan menghadapi Pemilu 2024. Selain apel, relawan FAST juga melaksanakan pelatihan penanganan TPTKP (Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara), Rabu (27/9/2023).

Kegiatan digelar di halaman Mapolres Sukoharjo dihadiri Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit, Kabid Operasi dan Pengendalian Dishub Sukoharjo, Sukadi, Staf Dinas PU Kasiran, Staf Jasa Raharja, Afrizal, dan 57 anggota relawan FAST.

banner 336x280

Kapolres AKBP Sigit mengatakan, apel dan pelatihan penanganan TPTKP bersama FAST digelar dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 dan banyaknya lakalantas di Kabupaten Sukoharjo yang sangat membuat keprihatinan.

Baca juga: Jasa Raharja Dan UNPAD Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa Terkait Penanganan Gawat Darurat Korban Lakalantas

“Berbagai langkah sudah kita laksanakan dalam pencegahan kecelakaan lalu lintas, seperti sosialisasi, inovasi, upaya pencegahan, hingga penindakan kepada para pelanggar aturan. Namun tetap saja hampir setiap hari kejadian lakalantas terjadi diwilayah kita,” ujar Kapolres.

“Dan dengan adanya Forum Ambulance Sukoharjo Bersatu [FAST] yang telah kita bentuk beberapa waktu lalu sangat membantu Satlantas Polres Sukoharjo dalam percepatan penanganan lakalantas,” tambahnya.

Portalika.com/Ist

Kapolres menuturkan, apel bersama dan pelatihan seperti ini kiranya dapat memberi ilmu pengetahuan dan wawasan kepada para petugas atau crew ambulance untuk bekal dalam melaksanakan tugasnya.

Karena dalam penanganan, petugas atau crew dengan jumlah sebanyak 57 unit dalam FAST ini, para petugas ambulance harus menguasai keahlian dan mengatahui SOP dalam penanganan korban laka lantas sehingga dalam penanganan laka lantas tidak terjadi kesalahan yang justru membuat korban menjadi fatal.

“Untuk itu kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada FAST yang tidak mengenal lelah selama 24 jam serta selalu berkolaborasi dengan Satlantas Polres Sukoharjo dalam membantu menangani lakalantas,” ucap AKBP Sigit.

Dalam pelatihan itu, diperagakan berbagai adegan penanganan kecelakaan, seperti penanganan korban tersengat listrik, korban kecelakaan lalu lintas, korban mobil terperosok ke jurang, dan lain sebagainya. (Triantotus)

Komentar