Senin, UNS Smbut Mahasiswa Baru Terus Gelar PKKMB 2023

banner 468x60

Portalika.com [SOLO] – Dalam rangka menyiapkan Mahasiswa Baru (Maba), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023. PKKMB UNS 2023 digelar selama 3 hari mulai Senin (21/8/2023) hingga Rabu (23/8/2023) besok.

Plt Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Dr Ahmad Yunus, MS mengatakan, PKKMB tahun 2023 memiliki tujuan umum untuk memberikan pembekalan kepada Maba UNS agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

banner 300x250

Tujuan khusus kegiatan PKKMB ini meliputi yang pertama untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, peduli lingkungan serta masyarakat sesuai dengan 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

Baca juga: Aneka Pakaian Adat Menghiasi Halaman Gedung Rekrorat UNs

Kedua untuk memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika di UNS dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan tridarma perguruan tinggi. Ketiga memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa bagi diri dan lingkungan sekitar; mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman, dan sehat.

Prof Dr Ahmad Yunus, MS. (Portalika.com/Ist)

Keempat untuk membentuk karakter mahasiswa yang mengedepankan sikap sebagai intelektual yang mengandalkan kecerdasan berpikir, kedewasaan dalam bertutur kata dan bertindak, anti  kekerasan, anti perundungan, berbudaya, bermartabat, dan inspiratif. Kelima untuk memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar – Kampus Merdeka(MBKM).

Keenam merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab; dan terakhir untuk mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh.

“PKKMB UNS 2023 dimulai pada tanggal 21-23 Agustus 2023, dengan agenda awal penerimaan secara resmi sebagai mahasiswa baru, lalu diserahkan ke fakultas dan program studi masing-masing. Senin [21/8/2023] besok fokus pada kegiatan di universitas, lalu Selasa [22/8/2023] berfokus pada materi-materi fakultas, dan Rabu [23/8/2023] berpusat pada Prodi untuk persiapan perkuliahan. Jadwal kuliah perdana di UNS mulai tanggal 28 Agustus 2023,” terang Prof Yunus, Minggu (20/8/2023).

Gerbang utama UNS. (Portalika.com/Ist)

Narasumber yang akan hadir dalam PKKMB ini di antaranya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Andi Widjajanto, PhD, Deputi Gubenur Bank Indonesia (BI), Doni Primanto Joewono, Dirjen Dikti, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Prof Ir Nizam, MSc, DIC, PhD dan Ketua Realestat Indonesia (REI), Joko Suranto, SH, MH dan beberapa tamu undangan lainnya yang hadir secara luring maupun daring.

“Dalam rangka memantau pelaksanaan PKKMB 2023, telah dibentuk tim monitoring dan evaluasi PKKMB di tingkat Universitas dan Fakultas yang terdiri dari dosen [Tim Evaluasi Ormawa dan Majelis Kode Etik Mahasiswa] dan mahasiswa [Dewan Mahasiswa]. Tim tersebut, bertugas untuk mengevaluasi dan memantau pelaksanaan PKKMB 2023,” imbuhnya.

Terkait pelaksanaan PKKMB UNS 2023, Pimpinan melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan orang tua/wali mahasiswa baru untuk terkait  tentang pelaksanaan PKKMB selama 3 hari kedepan agar berjalan sesuai dengan rencana. Disisi lain, informasi tentang PKKMB UNS 2023 juga telah disampaikan melalui kanal informasi resmi UNS yang dapat diakses melalui infomaba.uns.ac.id.

Kemudian untuk kegiatan penyaluran aktivitas, minat bakat, dan informasi tentang Organisasi Mahasiswa (Ormawa), UNS menjadwalkan adanya Ekspo UKM Fakultas pada tanggal 24 dan 25 Agustus mendatang. Lalu acara dilanjutkan Ekspo UKM tingkat Universitas pada tanggal 2 dan 3 September 2023.

Kegiatan ekspo tersebut akan membantu capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek. Pada kegiatan tersebut, seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) diperbolehkan untuk menampilkan produk-produk kegiatannya dan melakukan rekruitment anggota baru. Maba akan disambut oleh Duta Kampus, Paskibraka, Pramuka, dan berbagai Ormawa bidang seni dan olahraga di UNS. (Suryono)

Komentar