Sosialisasi Local Wisdom, Upaya Mencegah Lunturnya Nasionalisme Bagi Generasi Muda Di Era Globalisasi Terkini

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Fenomena globalisasi memang telah memberikan banyak manfaat dalam kehidupan yang lebih modern. Namun seiring waktu, arus globalisasi justru semakin menjadikan keterbukaan akses yang memudahkan budaya asing masuk secara lebih bebas tak terbatas.

Pernyataan itu disampaikan Sherly Ayu, salah satu mahasiswa Hubungan Internasional Unisri, Solo yang KKN di Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo. Sherly menilai kondisi ini secara perlahan-lahan dapat mengikis rasa nasionalisme kita terhadap negara Indonesia.

banner 300x250

Pada realitasnya, saat ini kebanyakan kaum muda cenderung lebih mengerti dan menyukai budaya luar ketimbang budaya Indonesia yang sebenarnya jika dijelajahi lebih dalam jumlahnya begitu beragam dan memiliki banyak keunikan tersendiri.

Baca juga: Pupuk Rasa Cinta Tanah Air, Siswa SD Dikenalkan Kearifan Lokal

“Oleh karena itu, kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia harus terus mempertahankan eksistensi dari keberadaan budaya lokal dan trus menjaganya agar tetap lestari,” katanya.

Portalika.com/Ist

Untuk terus mengkampanyekan mengenai pemahaman budaya lokal pada kaum muda, KKN 73 Unisri Surakarta telah menyelenggarakan suatu kegiatan sosialisasi bertema local wisdom sebagai upaya penguatan nasionalisme di era globalisasi.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah anak-anak Desa Dalangan, Kabupaten Sukoharjo. Generasi muda penting untuk kita menanamkan pengetahuan local wisdom atau kearifan lokal terhadap anak-anak sejak usia dini sehingga kedepannya mereka lebih bisa terhindar dari dampak negatif globalisasi. Selain itu juga mengajak untuk melestarikan budaya lokal di Indonesia,” jelasnya

Sherly mengatakan kegiatan diselenggarakan dalam rangkaian acara PERSAMI (Perkemahan Sabtu-Minggu) pada 12 Agustus 2023 di SDN Dalangan 01 dengan peserta siswa kelas V dan VI. “Acara sosialisasi ini disambut antusias seluruh siswa Dalangan 01. Penyampaian materi menggunakan powerpoint dengan tema kebudayaan.”

Adapun penjelasan materi tersebut meliputi, pengertian Local Wisdom, jenis-jenis local wisdom, hingga keberagaman local wisdom di Indonesia. Di akhir sosialisasi diadakan kuiz tebak local wisdom untuk lebih memahamkan anak-anak terkait budaya lokal. Masih dalam rangkaian dari kegiatan sosialisasi, lomba menyayi lagu daerah juga diadakan untuk menambah keseruan. (Heris)

Komentar