Mahasiswa KKN Sosialisasikan Pentingnya Gemar Menabung Sejak usia Dini Serta Pembuatan Celengan Dari Barang Bekas

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] –  Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) mengadakan sosialisasi di SD Negeri Catur, Boyolali tentang pentingnya kegiatan Mari Gemar Menabung sejak usia dini. Sosialisasi tak hanya teori tetapi langsung implementasi melalui pembuatan celengan dari barang-barang bekas.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Juli 2023 oleh mahasiswa Rizka Azimatul Oktaviana l, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen dari kelompok 19 dengan dosen pembimbing lapangan, Dr Edi Wibowo, SE, MM.

banner 300x250

Dari sosialisasi diharapkan, para siswa memiliki gambaran dan pengetahuan yang utuh tentang manfaat menabung melakukan perencanaan keuangan sedari dini. Rizka menilai apabila siswa sudah mendapatkan edukasi mengenai literasi keuangan, mereka akan lebih mudah mengelola keuangan dengan mengakses layanan dan fasilitas keuangan, termasuk tabungan.

Baca juga: Begini Resep Menjaga Kesehatan Jiwa, Dari Mahasiswa KKN Unisri

“Perencanaan keuangan, khususnya melalui kebiasaan menabung perlu diperkenalkan kepada masyarakat sejak dini. Siapa saja bisa menabung, tidak hanya para pekerja, namun juga pelajar. Semakin dini pelajar menyadari manfaat menabung, maka semakin besar manfaatnya untuk masa depan mereka. Sehingga ke depannya dapat mengandalkan tabungan sendiri, tidak bergantung kepada orang tua mereka,” ujarnya.

Portalika.com/Ist

Adapun tujuan sosialisasi sejak usia dini yaitu agar siswa siswi SD Negeri Catur dapat memahami dan mengerti pentingnya menabung, belajar bertanggung jawab atas uang yang di dapatkannya, bisa membudayakan hidup hemat. “Mereka juga dapat mulai belajar mengatur keuangan, dan tentunya menghargai uang.”

Menurutnya, membiasakan diri agar rajin menabung adalah hal yang bermanfaat. Tabungan bisa digunakan sebagai bekal masa depan kelas dan menjadi dana darurat saat sedang mengalami kesulitan, selain itu nantinya ilmu yang di dapat juga mampu di ajarkan Kembali oleh generasi selanjutnya.

Metode pelaksanaan sosialisasi ini yaitu dengan metode penyuluhan dan interaktif secara offline atau tatap muka langsung dengan pengimplementasian nyata melalui pembuatan celengan dari barang-barang bekas.

Hasil dari kegiatan ini diharapkan para siswa di SD Negeri Catur dapat menerapkan pola hidup yang hemat demi masa depan yang lebih baik, dan diharapkan mereka juga dapat menerapkannya secara langsung. (Heris)

Komentar