68 Personel Polisi Amankan 5 Lokasi Rekonstruksi Pembunuhan Di Setren Slogohimo

banner 468x60

Portalika.com [WONOGIRI] – Kepolisian resort (Polres) Wonogiri menurunkan personel guna mengamankan jalannya rekonstruksi kasus pembunuhan yang dilakukan oleh SPY alias Baron, 44. Dia tega menghabisi nyawa seorang perempuan di rumahnya yang terletak di Dusun Kembangan, Desa Setren, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Kamis, 13 Juni 2024.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo mengatakan, rekonstruksi ini digelar di lima tempat kejadian perkara (TKP).

banner 300x250

Kelimanya yang menjadi tempat dilakukannya pembunuhan hingga tempat sebagai upaya penghilangan jejak atas perbuatan tersebut.

Baca juga: Kapolres Wonogiri Cek TKP Pembunuhan Di Slogohimo Dan Beri Tali Asih

Tempat pertama, ujarnya, dilakukan di rumah pelaku di Dusun Kembangan, Desa Setren. Rekonstruksi ini disaksikan jaksa penuntut umum, penasehat hukum. Selain di rumah dilanjutkan di beberapa lokasi baik di pekarangan maupun tempat pelaku mengembalikan kendaraan yang dipakai oleh korban.

“Rekonstruksi dilakukan untuk memastikan kedetailan dalam kasus pembunuhan yang dilakukan oleh SPY alias Baron¬† terhadap KM, 28. Hal ini juga bertujuan untuk mencocokkan keterangan pelaku yang diberikan kepada kepolisian, dengan tindakan yang sebenarnya dilakukan,” katanya, Kamis.

Menurutnya, rekonstruksi ini penting untuk mengetahui secara pasti cara bertindak pelaku dalam melakukan pembunuhan. Selain itu, proses ini juga menjadi sarana pembuktian bahwa keterangan pelaku yang diberikan kepada kepolisian sesuai dengan tindakan yang diperagakan dalam rekonstruksi.

Portalika.com/Anom

“Proses rekonstruksi ini diadakan guna memastikan tidak ada perbedaan antara keterangan yang diberikan oleh pelaku dengan tindakan yang dilakukan saat kejadian. Hal ini sangat penting untuk menjaga keakuratan dalam proses penyelidikan dan penuntutan,” ujarnya.

Anom menambahkan, secara keseluruhan pelaku memeragakan 47 adegan dalam proses rekontruksi tersebut, rekontruksi berlangsung di lima tempat berbeda, selain di rumah pelaku, rekontruksi juga di gelar di tempat pelaku mengembalikan kendaraan korban yaitu di sekitar pasar Slogohimo, Kabulaten Wonogiri dan juga di kantor korban bekerja.

Untuk mengamankan jalannya rangkaian proses rekontruksi tersebut, setidaknya 68 personel dikerahkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

“Kami terjunkan 68 personel pengamanan di TKP, mulai dari kedatangan tersangka sampai selesai rekonstruksi agar rekonstruksi berjalan lancar,” katanya.

Portalika.com/Anom

Seperti diberitakan sebelumnya pada Senin, 22 April 2024 telah terjadi penemuan kerangka manusia diduga merupakan korban pembunuhan. Korban adalah KM, 28 yang merupakan warga Desa Randusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Penemuan kerangka manusia berawal dari adanya laporan orang hilang di Polsek Slogohimo pada tanggal 28 Maret 2024.

Berawal dari laporan orang hilang tersebut, polisi melakukan penyelidikan dan mengarah kepada SPY alias Baron.

Akhirnya Senin, 22 April 2024, tim melakukan pencarian terhadap korban dan berhasil menemukan adanya kerangka manusia di pekarangan milik pelaku. (Suryono)

Komentar