“Berikan Edukasi Menabung Sejak Dini”

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Dalam rangka Program Kerja KKN PPM Unisri ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting ekonomi ekstrim dan sanitasi lingkungan, program kerja individu, Deva Novia Arinta dengan dosen pembimbing lapangan (DPL), M Hery Yuli Setiawan, SPd, MPd melaksanakan program kerja di SDN 01 Semawung, Kecamatan Andong, Boyolali.

Deva mengatakan dirinya melakukan sosialisasi tentang pentingnya kebiasaan menabung sejak dini kepada siswa-siswi SD Negeri 01 Semawung. “Dalam sosialisasi ini terdapat kegiatan berupa bermain kuis agar peserta dapat meningkatkan fokus mengenai penjelasan yang mereka dapat,” katanya.

banner 336x280

Tujuan utama dari kegiatan ini, ujarnya, memberikan edukasi pentingnya menabung agar siswa siswi di SD Negeri 01 Semawung. Kemudian bisa menerapkan untuk hidup hemat, menghargai uang yang didapat, dan dapat mencegah terjadinya berhutang.

Baca juga: Siswa SDN Gejugan Diberi Pemahaman Hukum Bullying Demi Masa Depan Lebih Baik

“Kami memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang berani maju dan menjawab pertanyaan, serta diberikan buku dan bolpoin kepada seluruh siswa-siswi kelas IV SD Negeri 01 Semawung,” ujarnya.

Portalika.com/Ist

Menurut Deva, ide awal adanya sosialisasi menabung sejak dini ini terinspirasi dari kebiasaannya menabung sejak duduk di bangku sekolah hingga menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Berbekal dari pengalaman inilah, kemudian Deva mencoba mengimplementasikan kepada siswa-siswi tempatnya KKN.

Kegiatan sosialisasi telah dilaksanakan pada 7 Agustus 2023 di ruang Kelas IV dengan jumlah siswa 9 orang. “Harapan saya sebagai mahasiswi Universitas Slamet Riyadi Surakarta kepada siswa-siswi di SDN 01 Semawung yaitu mereka mampu mengelola keuangannya dengan baik dan memberikan manfaat bagi dirinya sendiri serta orang lain di masa yang akan datang,” ucap Deva. (Heris)

Komentar