Dari Tangan Terampil, Botol Bekas Jadi Celengan

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Prodi Manajemen, peserta KKN kelompok 35 Tahun 2023, Fitria Dewi Utami, melaksanakan program kerja pemanfaatan botol bekas menjadi celengan bagi siswa SDN 1 Gunung, Boyolali.

Kegiatan dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL), Dr Djoko Kristianto, SE, MSi ini, dikandung maksud agar anak usia SD mulai menata pemikiran demi masa depan dirinya. Menurut Fitria, pelatihan pembuatan celengan adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa menabung sangat bermanfaat bagi masa depan.

banner 336x280

“Kegiatan belajar menabung sejak dini merupakan hal penting untuk diperkenalkan kepada siswa-siswi sekolah dasar. Menabung dapat diajarkan sejak dini untuk membentuk kebiasaan mengelola keuangan yang baik,” jelasnya.

Baca juga: Siswa SDN Gejugan Diberi Pemahaman Hukum Bullying Demi Masa Depan Lebih Baik

Pelatihan pembuatan celengan, ujarnya, memberikan motivasi yang lebih bagi anak-anak untuk menabung. Kemudian juga memberikan gambaran secara umum tentang seberapa penting mengelola keuangan sejak usia dini usia anak-anak SDN Gunung.

Program kerja telah dilaksanakan pada 5 Agustus 2023. Pelaksanaan sosialisasi melibatkan siswa dan siswi SDN Gunung tepatnya kelas IV yang berjumlah 18 siswa siswi. Menabung sejak usia dini, juga bermaksud untuk mendorong dan menanamkan budaya hemat kepada anak-anak SDN Gunung. Diharapkan di masa yang akan datang akan menjadi pribadi yang mampu mengelola pendapatan,” ujar Fitria.

Diakatakan saat pelaksanaan program tersebut, siswa dan siswi antusias dan bersemangat karena sosialisasi dilakukan dengan sistem belajar dan bermain dilanjutkan praktik membuat celengan dari botol bekas dihias dengan kertas karton dan kerdus bekas. (Heris)

Komentar