Mahasiswa Unisri Mendukung Pengembangan Profil Desa Melalui Pembuatan Infografis

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran wajib bagi mahasiswa S1 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) merupakan langkah penting dalam rangka memperkuat keterampilan mahasiswa serta memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

KKN PPM adalah program yang dijalankan Unisri dengan tujuan utama untuk mengintegrasikan pendidikan dengan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan nyata di lapangan. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kelompok 29, Khoirunnisa’ dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mengajukan program kerja individu yang berbentuk infografis pendataan kependudukan.

banner 336x280

Kegiatan dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL), Dr Setyaningsih Sri Utami, SE, MM dilakukan di Desa Senting. Desa Senting merupakan salah satu dari 16 desa yang ada di Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Kenalkan Microsoft Word Pada Siwa Kelas V SDN Karangasem

Batas wilayah, sebelah utara dengan Desa Demangan, Kecamatan Sambi. Sebelah timur (Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak), sebelah selatan (Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak) dan sebelah barat (Desa Canden dan Desa Tempursari, Kecamatan Sambi) luas wilayah 2674,23 Ha/26,742 Km.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 Juli 2023 dan diserahkan pada 14 Agustus 2023 bertempat di Balaidesa Senting, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Hasil Infografis tersebut diserahkan dan diterima Kepala Desa Senting, Suyoto

Pembuatan dan pendataan Infografis profil Desa Senting berisi tentang ulasan singkat tentang sejarah Desa Seting, letak geografis, data kependudukan, sarana dan prasarana, destinasi wisata, agama, umur, pekerjaan dan pendidikan yang ada di Desa Senting, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali.

Tujuan dari program kerja ini adalah agar masyarakat Desa Senting memperoleh gambaran informasi yang lebih jelas dan mudah dipahami. Selain itu guna memudahkan pemerintah desa untuk memetakan data informasi masyarakat yang ada di Desa Senting serta untuk memudahkan pemerintah kabupaten dalam pendataan statistik.

Selain itu juga dapat mengetahui pentingnya sanitasi untuk mencegah stanting yang didalamnya berisi pengertian, penyebab stanting, dan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat. Kemudian juga ada cara untuk mengatasi ekonomi ekstrem.

Setelah diadakan program kerja ini diharapkan kepada masyarakat agar lebih mudah mengakses informasi yang ada di Desa Senting, sehingga pemerintah desa maupun masyarakat dapat mengetahui informasi apa saja yang ada di Desa Senting. (Heris)

Komentar