Mahasiswa KKN Dampingi Pengajuan Produk UMK Kepiko Mendapatkan Label Halal

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Dalam rangka melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Unisri, Solo mengusung tema ikut serta meninngkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting, ekonomi dan sanitasi lingkungan.

Program KKN PPM di awali dengan penerjunan mahasiswa ke beberapa daerah, salah satunya di Desa Pranggong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.

banner 300x250

Dalam rangka mengikuti perubahan kebijakan Kementerian Pendidikan, Unisri ikut serta menerapkan Kurikulum Merdeka dengan memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan Sederhana Bagi UMKM Desa Gunung

Cara alternatif yang dapat dilakukan oleh para pendidik yaitu dengan mengubah pembelajaran konvensional menjadi berbasis proyek. Salah satu program KKN PPM individu milik Amanda Destiyana, mahasiswi Unisri Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum adalah pendampingan pengajuan produk UMK Desa (keripik pisang koin) untuk mendapatkan label halal yang dilaksanakan pada 24 Agustus 2023.

Portalika.com/Ist

Aktivitas ini dilakukan agar produk UMK mendapat sertifikat yang menjamin kehalalan dan keamanan suatu produk untuk dikonsumsi umat Islam serta bersaing secara luas di pasar. Sertifikasi halal dapat diajukan ketika suatu produk memenuhi kriteria berupa halal zat, proses, cara memperoleh, penyajian, dan alat produksi.

Salah satu produk UMK di Desa Pranggong yang memenuhi kriteria tersebut adalah Kepiko (keripik pisang koin) milik Yulianti. Produk UMK Yulianti ini didampingi tim KKN untuk memperoleh sertifikasi halal dengan cara pendampingan self-declare.

Self-declare merupakan pernyataan status halal produk usaha mikro dan kecil oleh pelaku usaha (PU) dengan mengikuti mekanisme peraturan yang ada yaitu menyiapkan, membuat, dan mengumpulkan berkas seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Setelah melengkapi berkas dan syarat yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mengajukan berkas tersebut ke situs Sihalal.

Melalui kegiatan pendampingan self-declare ini, tim KKN mengharapkan UMK di Desa Pranggong mampu memperluas pasar baik pasar tradisional maupun modern, menambah peningkatan penjualan, serta menjamin kehalalan dan keamanan produk. (Suryono)

Komentar