Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasikan Pengelolaan Keuangan Sederhana Bagi UMKM Desa Gunung

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Slamet Riyadi Surakarta (Unisri), kelompok 35 mengadakan program kerja individu sosialisasi pengelolaan keuangan sederhana bagi UMKM. Kegiatan dilaksanakan di Dukuh Gunung RT 08 RW 03, Desa Gunung, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Program kerja itu dilakukan anggota kelompok 35, Mey Nanda Sakti Pamungkas dari Prodi Akuntansi UNISRI dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr Djoko Kristianto, SE, MSi. Kegiatan berbentuk sosialisasi pengetahuan terkait dengan pengelolaan keuangan sederhana bagi UMKM produk hasil bumi atau industri kreatif Desa Gunung yang telah dilaksanakan pada Jumat, 4 Agustus 2023.

banner 336x280

Sosialisasi dihadiri 30 orang ibu-ibu PKK RT 08 RW 03 dengan tujuan supaya masyarakat khususnya ibu-ibu PKK yang ingin membangun atau telah memiliki usaha UMKM dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan sederhana bagi UMKM, guna untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pengelolaan keuangan UMKM yang akan ataupun sudah mereka jalankan.

Baca juga: Mahasiswa KKN PPM Memberikan Edukasi Pembukuan Sederhana Terhadap Pelalu UMKM Desa Pelemrejo

Materi sosialisasi yang dibawa yaitu tentang penyusunan modal usaha, laba rugi dan arus kas. Produk UMKM hasil bumi seperti olahan singkong menjadi tepung mocaf, keripik talas, keripik tempe, dan kreasi lidi.

Dalam proses produksi produk tersebut memerlukan pengelolaan keuangan yang tepat, sehingga keseluruhan beaya operasional dapat tersusun dengan tepat dan terstruktur serta meminimalisir kesalahan anggaran yang dapat terjadi yang dapat beresiko bagi UMKM di Desa Gunung.

Mey Nanda berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan Motivasi dan Kesadaran bagaimana pentingnya Pengelolaan Keuangan bagi UMKM yangi masyarakat Desa Gunung Jalankan untuk dapat lebih berkembang. (Heris)

Komentar