Memanfaatkan Kaleng Bekas Untuk Membuat Celengan Upaya Melatih Anak Hidup Hemat

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa KKN Unisri melakukan kegiatan sosialisasi membuat celengan dari kaleng bekas kepada siswa di SDN 02 Desa Walen, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan program kerja individu dalam mata kuliah KKN dengan dosen pembimbing, Kartika Asmanda Putri, SH, MH.

Marselinus Wahyu, pelaksana program menjelaskan pengembangan kemandirian dan kreativitas sejak dini dibutuhkan untuk mempersiapkan anak menjadi generasi penerus yang tangguh dan siap bersaing. Untuk itu pelatihan keterampilan pembuatan celengan kepada siswa/i SDN 02 Desa Walen, Kecamatan Simo dilakukan pada 15 Agustus 2023.

banner 336x280

Menurutnya, tujuan dari pelatihan adalah untuk menumbuhkan jiwa kreativitas, minat menabung dan sikap peduli terhadap lingkungan. Wawasan dan pengetahuan anak juga bertambah.

Baca juga: Yuk Gunakan Media Menggambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas

“Barang bekas yang ada disekitarnya dapat dimanfaatkan menjadi barang yang unik, menarik dan juga memiliki nilai jual.
Kegiatan ini selain untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak juga membangun jiwa rajin menabung sejak usia dini yang menguntungkan mereka di masa depan,” ujarnya.

Kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa berbisnis, dengan kreatifitas mereka sendiri-sendiri. Dalam pembuatan celengan ini, katanya, anak-anak dapat mengoptimalkan kreasi, ide kedalam celengan tersebut.

Selain itu dengan kegiatan ini dapat membantu mengurangi sampah di sekitar Desa Walen. Pelaksanaan kegiatan ini meliputi pemberian tanya jawab, pengarahan untuk hidup hemat dengan cara menyisihkan uang di celengan dari kaleng bekas yang akan dibuat bersama-sama.

Dilanjutkan dengan pembuatan celengan dengan bahan kaleng bekas yang sudah dibuang tutup atasnya dan sudah dicuci. Kemudian kardus, kertas manila warna, manik-manik, kancing baju, pita, lem foks dan kertas kado. Sementara peralatannya, gunting, curter, pensil, bolpoin.

“Penyampaian cara membuat didampingi mahasiswa KKN. Siswa diberi kaleng beserta bahan dan alat. Setiap satu kaleng dibuat kelompok terdiri dari 3 anak dari kelas V dan VI SDN 02 Walen, Kecamatan Simo. Bermacam-macam hiasan hasil kreasi anak sangat bagus. Hasil celengan bisa dibawa pulang untuk menabung di rumah,” katanya. (Heris)

Komentar