Yuk Gunakan Media Menggambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi (Unisri) saat ini sedang melangsungkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Salah Satu mahasiswa Ilmu Komunikasi yang tergabung didalam kelompok 01, Radhika Yulian Wardhana, program Studi Ilmu Komunikasi sedang melakukan kegiatan Program Kerja (Proker) yang bertema meningkatkan kemampuan kreativitas siswa Sekolah Dasar menggunakan media menggambar.

Radhika mengatakan dengan melatih kreativitas menggambar dan mewarnai pada anak bertujuan untuk mencapai sebuah karya. Kegiatan dilakukan secara langsung pada 16 Agustus 2023 di SDN 1 Andong, Desa Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali.

banner 336x280

Pendekatan pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran ini memiliki metode demonstrasi. “Oleh karena itu, sebelum siswa memulai proses menggambar, kami melakukan demonstrasi terlebih dahulu mengenai cara dan pedoman menggambar yang akan diterapkan pada sesi pembelajaran,” ujarnya.

Baca juga: Cegah Stunting Di Desa Trosobo, Mahasiswa KKN Unisri Buat Program Kebun Gizi

Pada kasus ini, ujarnya, demonstrasi dilakukan dengan melanjutkan sebuah garis coretan menjadi suatu gambar yang dapat dinikmati. Setelah meyakinkan bahwa siswa telah memahami, langkah berikutnya adalah mengajak mereka untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan menggambar.

Portalika.com/Ist

Tindakan memegang pensil, krayon, memilih warna, dan menyatukan warna pada suatu permukaan memiliki dampak positif terhadap perkembangan motorik halus pada siswa. Secara keseluruhan, perkembangan motorik halus yang ditingkatkan melalui kegiatan mewarnai dan menggambar memiliki dampak positif yang meluas pada kemampuan kognitif, kreativitas, dan keterampilan akademis siswa.

Materi yang diberikan berfokus pada pelatihan menggambar menggunakan pulpen dan pensil warna, sementara siswa memiliki kebebasan untuk memilih tema sesuai dengan tingkat kreativitas individu masing-masing. Proses evaluasi melibatkan metode pemilihan melalui voting, di mana setiap siswa memilih satu karya dari rekan sekelasnya sebagai pilihan favorit.

Ada aturan bahwa siswa tidak boleh memilih karyanya sendiri. Pemenang ditentukan oleh jumlah pilihan yang diterima oleh suatu karya, dan siswa yang karyanya paling banyak dipilih akan dianggap sebagai pemenang dan diberikan penghargaan seperti alat tulis.

Fokus dari kegiatan ini adalah pada siswa. Tujuannya untuk merangsang imajinasi anak-anak melalui seni menggambar. Dengan cara ini, anak-anak dapat bereksplorasi, berpikir, dan mengungkapkan ide-ide kreatif mereka sendiri.

Hal ini dimungkinkan karena memberi kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kreativitas mereka. Siswa diberi kebebasan untuk melakukan kegiatan menggambar, membentuk, dan menciptakan karya-karya yang mencerminkan imajinasi dan keterampilan kreatif mereka dari kertas lembar gambar yang sudah disediakan.

Hasil karya mereka menjadi suatu kebanggaan karena merupakan hasil dari usaha dan imajinasi yang mereka tuangkan dalam karya tersebut.

Hasil penelitian menyatakan tujuan dalam  pembelajaran menggambar di SDN 1 Andong telah tercapai, ditunjukkan  dengan indikasi siswa mempunyai  kepekaan sosial, memiliki jiwa yang mandiri, kreatif, edukatif, dan memiliki  keterampilan menggambar, serta bakat  siswa dibidang seni dapat berkembang. (Heris)

Komentar