Lewat Video Rasa Percaya Diri, Ketekunan, Dan Minat Belajar Peserta Didik Meningkat

banner 468x60

Portalika.com [BOYOLALI] – Mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menggelar layanan bimbingan klasikal pada peserta didik kelas IV sampai VI SD Negeri Pranggong.

Gabriel Levi Thusiapratama mengatakan kegiatan inovatif ini berupa bimbingan klasikal dengan memanfaatkan media video guna meningkatkan motivasi belajar dan keterlibatan siswa. Hal ini dilakukan dengan cara menampilkan visualisasi video peserta didik yang malas belajar dan akibat yang terjadi pada peserta didik tersebut.

banner 336x280

Setelah pemutaran video selesai, jelasnya, peserta didik diminta untuk memberikan pendapatnya terkait video yang telah ditonton bersama-sama.

Baca juga: Pelatihan Pembuatan Mie Mocaf Pada PKK Desa Polokarto Oleh Mahasiswa KKN Unisri

Salah satu poin penting dari bimbingan klasikal ini adalah pemberian materi motivasi belajar kepada peserta didik. Melalui video inspiratif, peserta didik diajak untuk melihat potensi diri mereka dan mengembangkan semangat belajar yang tinggi.

Portalika.com/Ist

“Materi motivasi ini dirancang untuk meningkatkan rasa percaya diri, ketekunan, dan minat belajar peserta didik, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada hasil akademik mereka,” ujarnya.

Gabriel menyatakan layanan bimbingan klasikal pada 2 Agustus 2023 dapat diterima oleh peserta didik SD Negeri Pranggong dan memberikan dampak yang positif sehingga peserta didik. Video yang diputarkan adalah video animasi dan mampu menggugah gairah siswa untuk memiliki semangat belajar.

Integrasi media video juga membantu menghidupkan suasana kelas. Para peserta didik yang telah menonton video tersebut berkomitmen untuk belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat mencapai cita-cita yang dinginkan. (Heris)

Komentar