Pelatihan Pembuatan Mie Mocaf Pada PKK Desa Polokarto Oleh Mahasiswa KKN Unisri

banner 468x60

Portalika.com [SUKOHARJO] – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) 2023 mengangkat tema Unisri ikut serta meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui perbaikan stunting ekonomi ekstrim dan sanitasi lingkungan telah dilaksanakan mahasiswa Fakultas Teknologi dan Industri Pangan, Prodi Teknologi Hasil Pertanian, Anggun Khoirun Nisa, anggota kelompok 51.

Anggun melaksanakan program kerjanya dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL), Avissema Sigit Saputro, SP, MP di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

banner 336x280

Mahasiswa KKN PPM Unisri ini pada 11 Agustus 2023 mengadakan pelatihan diversifikasi tepung mocaf menjadi produk mie di Desa Polokarto. Kegiatan bertempat di rumah Bapak RW 13 Dukuh Wonosari, Polokarto dan diikuti Ibu-ibu PKK.

Baca juga: Mahasiswa KKN Bantu Buatkan Bagan SOTK Desa Kedunglengkong

Anggun menjelaskan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan ibu-ibu PKK tentang pemanfaatan mocaf sebagai bahan baku pangan alternatif yang memiliki nilai gizi tinggi, rendah kalori, dan bebas gluten. Dari pelatihan ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan produk pangan lokal yang inovatif dan berkualitas di Desa Polokarto.

Mie berbahan mocaf. (Portalika.com/Ist)

“Pengabdian ini mempunyai tujuan untuk¬† memberikan pengetahuan dan pengajaran mengenai pembuatan tepung mocaf dan penggunaannya sebagai bahan dasar pengganti tepung terigu dalam pembuatan mie sehingga dapat membantu ibu-ibu di Desa Polokarto dalam memenuhi kebutuhan mereka membuat mie dari tepung mocaf dengan harapan hasil produk dapat dijual sehingga dapat menambah income bagi keluarga mereka,” katanya.

Pertemuan diawali dengan pembukaan kemudian memberikan materi dan praktek pembuatan tepung mocaf, dan pembuatan mie dari tepung mocaf. Untuk bahan dasar mie tepung mocaf digunakan yang telah siap pakai.

Anggun mengatakan, mikroba yang tumbuh menyebabkan perubahan karakteristik pada tepung yang dihasilkan, yaitu naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarutkan. Mikroba juga menghasilkan asam-asam organic, terutama asam laktat yang akan terimbibisi dalam tepung, dan ketika tepung itu diolah akan menghasilkan aroma dan citra rasa khas, yang dapat menutupi aroma dan citra rasa ubi kayu yang cenderung tidak menyenangkan konsumen.

“Tekstur dan warna tepung mocaf ini lebih halus dan lebih putih dari tepung terigu. Untuk pengembangan lebih lanjut, maka tepung mocaf diaplikasikan untuk membuat mie. Selain nilai jualnya lebih baik lagi karena menghasilkan produk yang lain dan langsung bisa di konsumsi,” katanya. (Heris)

Komentar